25 Februari 2016

Mencintai Member Idol Grup JKT48, Wajarkah?


          Cinta sejati itu apa? Banyak orang nggak memahaminya. Namun begitu banyak yang percaya bahwa cinta sejati pasti ada bagi setiap manusia. Hanya saja seseorang itu akan menemukannya atau nggak. Menurut Abraham Maslow, salah seorang tokoh psikologi terkemuka, cinta sejati itu ada. Cinta sejati adalah ketika kita mencintai diri orang lain apa adanya, nggak adanya kebutuhan terhadap cinta, dan nggak mencintai diri sendiri. Cinta sejati dicirikan dengan ketika perhatian terhadap yang dicintai menimbulkan kepuasan sebagaimana ketika mendapatkan perhatian darinya. Ciri lain dari cinta sejati adalah menghormati yang dicintai, dan memotivasi apa yang menjadi minatnya. Kebahagiaan merupakan perpaduan antara apa yang terbaik untuknya dan apa yang diinginkan untuk diri sendiri. Perhatian akan berakhir untuknya dan nggak akan pernah berakhir. Kita menghormati yang kita cintai sebagai pribadi yang terpisah dari diri kita bukan untuk memanipulasi, menguasai, dan mengontrolnya. 
          Fans JKT48.. Bukankah kalian seperti itu terhadap idola kalian? Senggaknya, sedikit dari contoh di atas ada pada diri kalian. Jangan jauh-jauh deh, contohnya aku. Sebutlah aku sebagai orang yang mengidolakan salah satu member JKT48. Sejujurnya aku merasa cukup bahagia saat aku bisa memberikan perhatian kepada si dia. Aku juga sering menimang antara hal yang baik untuk dia dan keinginan yang ada pada diri sendiri. Di lain sisi, aku juga tipe orang yang menghormati dia, aku selalu berusaha untuk nggak menyalahkan apapun keputusan yang dia buat. Kalau suatu saat dia grad dari JKT48, aku mungkin sedih, tapi aku nggak akan marah karena dia mengambil keputusan itu.

          Ah, cukup bingungkah dengan yang kumaksud di atas? Kalau memang begitu, lupakan saja. Mari kita lanjut kepembahasan utamanya..



          Idola, atau yang sering woman otaku (wota, sebutan umum untuk fans JKT48) sebut dengan idol. Ya, idol. Kalian punya kan? Sambil membaca postingan  ini, cobalah untuk sambil membayangkannya agar kamu bisa lebih memahami pembahasan ini.
          Kalian pasti sering merasa bahwa, perasaan cinta kalian terhadap idol itu nggak terkalahkan oleh siapapun, dan menurut kalian itu cinta sejati. Tapi, apakah cara kalian mencintainya sudah benar? Ataukah kalian hanyalah seorang fans fanatik yang abnormal. Sebulum kita menjawab dua pertanyaan tersebut, yuk kita pikirkan dulu, apasih yang membuat kita mengidolakan idol kita tersebut? Menurut pemikiranku, ada empat poin nih penyebabnya:

  1. Menemukan sosok impian dari sang idol. Seorang idol dianggap sebagai sosok yang kita puji secara fisik, baik itu tampan atau cantik. Idol juga seseorang yang memiliki sifat baik ramah dan sebagainya yang membuatmu atau fans lain menggemarinya. Juga, seorang idol punya satu bakat istimewa yang belum tentu dimiliki orang lain.
  2. Menemukan panutan yang baik untuk dicontoh. Ya, kita sebagai manusia selalu berusaha berbenah diri untuk menjadi baik dan seorang idol biasanya menjadi inspirasi yang kuat bagi kita karena dia memiliki hal yang ingin kita tiru, misalnya kemampuannya dalam bernyanyi atau bermain gitar. Biasanya seperti itu, kan?
  3. Menemukan kemisteri seorang kekasih cintik. Misalnya, anggaplah kita selama ini memimpikan seorang kekasih yang cantik, seksi dan memiliki suara yang cukup indah. Pas banget, pergi ke theater JKT48 lalu liat Shania yang cantik, seksi juga suaranya cukup bagus. Jatuh cinta, kan jadinya. Kalau sudah jatuh cinta, pasti kita memutuskan dia untuk meng-oshi-kan (mengidolakan) dia.
  4. Yang terakhir, yang bisa dibilang nggak kalah sering terjadi. Si idol mirip dengan mantan. Kenapa? Ya, karena saat melihat seorang yang mirip dengan mantan kekasih kita, kita jadi sering teringat banyak hal di masalalu yang kita lalui bersama mantan, terutama pengalaman-pengalaman indah. Kemiripan sang idol dengan mantan kekasih inilah yang mengawali kekaguman kita padanya dan akhirnya karena kita sering memperhatikan sang idol, kita jadi banyak menemukan sisi baik darinya yang sebelumnya nggak kita ketahui.


          Kalau menurutku secara pribadi, kecintaan kita pada sang idol itu hal wajar. Termasuk tingkah laku kita yang sering dianggap orang aneh, yaitu mengoleksi banyak benda yang berhubungan dengan idol, atau memasang begitu banyak poster sang idol di kamar melebihi foto kita sendiri. Nih, kutipan dari seorang psikolog Tika Bisono, “hampir seluruh remaja normal di dunia akan memasang poster idolanya di kamar. Poster ini bahkan lebih banyak disbanding foto keluarganya sendiri,” Benerkan yang aku bilang, wajar kok, wajar.
          Tapi jangan senang dulu, benarkah kecintaan kita pada sang idol masih dalam hal wajar ataukah abnormal. Yuk, kita bahas. Ini nih, yang masuk kategori nggak wajar dan terbilang abnormal:

  1. Menjadi stalker. Nah, ini nih yang bisa aja terjadi sama fans near JKT48. Biasanya suka ngintilin kemanapun member kesukaannya pergi. Bisa aja kan, pas kamu waktu itu lagi nunggu antri binggo theater dimulai kamu pergi jalan-jalan di sekitar fx, lalu nggak sengaja kamu ketemu si dia, member kesukaanmu lagi makan disekitar situ. Apa yang kamu lakuin? Kalau kamu tiba-tiba ambil posisi di suatu tempat di dekat situ biar bisa memperhatikan dan mengawasi si idol, berarti kamu penguntit. Apalagi kalau kamu ngambil salah satu benda yang dia tinggalkan di meja setelah makan, entah itu sedotan bekas minumannya atau tisu bekas lap mulutnya, berarti kamu sudah menjadi penguntit garis keras.
  2. Bersikap posesif. Ya, posesif. Kalian pasti menganggap kalau member kesayangan kalian adalah milik kalian seorang, bukan milik fans lainnya. Kalau memang iya, berarti kalian posesif. Walaupun nggak menganggap idol sebagai milik pribadi, tapi kalau menganggap idol sebagai kekasih atau pacar juga termasuk posesif, lho..
  3. Menjadi delusional. Maksudnya bukan waktu mau tidur menghayalkan lagi nge-date sama idol, lho. Kalau Cuma itu sih, masih terbilang wajar. Yang dimaksud delusional itu, kalau seorang fans mempercayai sepenuhnya apa yang dia khayalkan adalah sepenuhnya kenyataan, hinggak nggak bisa memisakan antara dunia nyata dan dunia khayalannya sendiri. Itulah sebuah delusional yang sudah terbilang sangat parah. Ini cukup jarang terjadi bahkan hampir nggak ada fans seperti itu di negara kita. Tapi di negara sakura sana, seorang yang delusional ini cukup banyak, lho.




          Setelah mengetahui penyebab kita mengidolakan seseorang dan kecintaan terhadap idol yang nggak wajar, yuk, kita bahas apa sih hal buruk yang mungkin kalau kita mencintai idol secara abnormal atau nggak wajar. Yang mungkin terjadi itu adalah:

  1. Kurangnya kemampuan bersosialisasi. Karena terlalu terpesona dengan sang idol, bisa saja kita jadi sering mengabaikan keberadaan orang disekitar kita. Contohnya, waktu mama kamu nyuruh kamu keluar kamar untuk makan malam bersama kamu malah tetap didalam kamar dan asyik sendiri menonton DVD sang idol kesayangan kamu. Atau, misalnya kamu punya pacar, tapi kamu sering mengabaikannya saat dia ingin mengajak kencan karena kamu ingin pergi menonton penampilan live sang idol. Parahnya lagi jika ada orang yang tidak menyukai idola kita, kita malah jadi membencinya dan enggan untuk bergaul dengannya.
  2. Menjadi seorang weeaboo. Apa itu weeaboo? “Weeaboo adalah seseorang yang terobsesi dengan budaya Jepang, dan mereka cenderung untuk bertingkah laku seperti orang Jepang, padahal mereka bukanlah orang Jepang, bukan lahir di Jepang dan bukan warga negara Jepang.” Mengapa menjadi seorang weeaboo bisa dikatakan buruk? Ambil contoh, jika di jepang kamu berterima kasih pada orang lain dengan mengucapkan “arigatou gozaimasu” akan terlihat sangat wajar. Tapi bagaimana jika kamu mengucapkannya di negara kita ini pada teman yang nggak tahu-menahu tentang hal-hal berbau jejepangan? Kamu pasti terlihat aneh di matanya, dan dia akan menganggap kamu sebagai orang menyebalkan yang selalu membawa hal-hal yang kamu sukai pada orang yang belum tentu menyukainya.
  3. Menjadi skizofrenia. Skizofrenia adalah kondisi ketika khayalan dan kenyataan tercampur aduk sehingga kita nggak bisa membedakan keduanya. Fans delusional tahap akut ini nggak akan bisa membedakan antara realitas kehidupan idola di balik layar dengan khayalan yang ia ciptakan. Seseorang menjadi delusional karena tidak bisa menyalurkan kekagumannya secara berlebihan terhadap idolanya.
          Bagaimana, wotsss? Apakah kamu sudah mencintai dan mengidolakan member favoritmu dengan cara yang benar? Jika masih banyak poin-poin buruk diatas yang menjadi sifat dan kelakuan kamu, yuk, cobalah untuk berbenah diri menjadi fans yang baik. Bagaimana caranya? Ya, cobalah untuk mendukung idolamu terutama JKT48, untuk tidak sering men-download MV-nya di youtube, beli DVD originalnya dong sekali-sekali. Jangan terlalu menguntit idolamu, kalau berpapasan dengannya di luar event atau suatu acara, cobalah untuk memandangnya sebagai orang biasa, jangan bersikap “wah” dan membuatnya risih. Jangan menganggap dia milik pribadimu sendiri, kita akan tersakiti saat dia memiliki kekasih yang sebenarnya jika kita tetap menganggapnya milik pribadi. Pandai-pandailah berkhayal, jangan sampai menjadi delusional. Dan yang terakhir, pesanku, jangan lupakan kehidupan sosial, terlebih jika itu karena si member idol kesayangan kita.

          Nah, bagaimana? Setelah jauh membahas ini, apakah kamu masih tetap merasa sang idol adalah cinta sejatimu? Ya atau nggaknya, jawaban itu ada di diri kamu. Dan apapun itu, menurutku cinta terhadap idol adalah hal wajar, meski kamu mengaggap sang idol adalah cinta sejati sekalipun. Karena menurutku, pada akhirnya idol, atau idola, atau member jeketi kesayangan kita itu nantinya pasti memiliki kekasih yang manusia biasa juga, jadi itu nggak menutup kemungkinan fans adalah calon kekasihnya nanti. Iya, kan?
           Haha.. Rasanya, pembahasan di blog ku yang satu ini cukup panjang dan agak sedikit nggak beraturan. Tapi cukup deh ya, untuk mengajak masing-masing dari kita mengintrospeksi diri. Aku harap postingan ini cukup berguna. Mohon maaf ya, postingan kali ini sebagian besar adalah hasil pemikiranku sendiri, jadi jangan terlalu dianggap benar semuanya. Aku yang juga fans JKT48 Cuma mau berbagi pengalaman dan mengajak berbenah diri menjadi fans yang baik.
Kalau ada yang mau berbagi cerita, boleh di kolom komentar, kok. Atau mungkin ada yang mau komentar tentang kekurangan postinganku. Oh, ya maaf kalau ada typo, postingan ini ku ketik sendiri dan udah lewat tengah malam ngetiknya. Jadi agak urak-urakan. Maklum, pusing nunggu video hasil editing lama banget proses export-nya. Hahah..


Yosh, aku pamit... Terima kasih..





23 Februari 2016

Profil dan Tentang Jessica Veranda JKT48



Jikosukai

Meskipun aku pemalu, aku tetap fashionable. Holla nama aku Ve!


Profil


ve jkt48
Nama                    : Jessica Veranda
Tanggal Lahir         : 19 Agustus 1993
Gol. Darah             : O
Tinggi Badan         : 165cm
Panggilan               : Ve
Akun Twitter        : @veJKT
Akun G+              : Jessica Veranda
Fansclub              : Veloved




Fakta


1.      Pada interval waktu senggang latihan, Ve sering menyempatkan diri membaca mention dari fans.
2.      Ve merasa bingung saat dia ingin membuat tweet, inilah yang menyebabkan Ve jarang aktif di twitter.
3.      Ve pernah mengaku meskipun jarang membuat tweet, tapi Ve selalu menyempatkan diri membaca mention dari fans.
4.      Julukan “Badai” yang dimilik Ve didapatnya pada awal JKT48 mulai tenar, fans yang mengakui kecantikan dan keanggunannya menjulukinya “Badai” karena itu sedang tenar-tenarnya istilah “cetar membahana.”
5.      Ve mengaku terkadang tidak bisa istirahat karena dikejar-kejar urusan kuliahnya.
6.      5. Ve pernah mengikuti Lomba Photography,walaupun tdk menang tapi Ve mengaku ckp senang 2 dari 3 hasil photonya dipajang
7.      Ve tidak menyukai ikan hiu dan ikan piranha.
8.      Pemilihan nama panggilan Ve bertujuan untuk menghindari “salah panggil” antara Jessica Vania dengan Jessica Veranda.
9.      “Ve” Merupakan nama panggilan terpendek dari seluruh nama panggilan di JKT48 generasi satu sampai generasi empat.
10.  Dentophobia yaitu ketakutan irasional terhadap dokter gigi, Ve ternyata adalah salah satu member JKT48 yang takut dengan dokter gigi.
11.  Waktu kecil, Ve pernah dicabut giginya dengan benang oleh ayahnya karena dia takut untuk diperiksa oleh dokter gigi.
12.  Ve adalah member JKT48 kedua setelah Melody yang memiliki Photobook solo “J.V. ~OSHARE~”.
13.  Ve selalu terpilih sebagai senbatsu disetiap single di JKT48, mulai dari single pertama (RIVER) sampai single kedua belas (BEGINNER).
14.  Nama Ve semakin memuncak semenjak single ke enam (Gingham Check) diumumkan.
15.  Pada sousenkyo single ke enam, Ve terpilih sebagai member senbatsu terfavorit nomor dua setelah Melody yang berada diposisi satu.
16.  Pada sosenkyou ke dua yaitu single ke sepuluh (Kibouteki Refrain) Ve menjadi member senbatsu terfavorit mengalahkan Haruka dan Melody.
17.  Ve pernah bermimpi JKT48 mengelar konser di Gelora Bung Karno.
18.  Ve pernah kehilangan Handphone yang baru 3 hari dimilikinya, saat Study Tour waktu SMP.
19.  Waktu libur yang dimiliki Ve sering digunakan untuk menonton film di kamar, pergi ke bioskop bersama adik laki-lakinya atau bersantai bersama keluarga dirumah.
20.  Ve mengaku sepasang mata yang dia miliki sangat mirip dengan mata mamanya.
21.  Ve pernah sekali menjadi center di lagu Heavy Rotation saat di teater, dan saat itu pula bibirnya terbentur mic.
22.  Ve selalu membawa multivitamin di tasnya, yang dia minum ketika dia lelah.
23.  Konsep pernikahan yang diinginkan Ve disuatu saat nanti yaitu calon suaminya menaiki seekor kuda putih terus menjemput dia.
24.  Hal yg membuat Ve tegang di atas panggung adalah ketika dirinya lupa makan dan lupa atau belum hafal blockinggan pada saat perfom.
25.  Ve memiliki darah keturunan Portugis.
26.  Ve pernah ditilang polisi saat hari pertama masuk kuliah setelah liburan, karena lampu kendaraan nya mati.
27.  Ve mempunyai boneka bernama pochii, boneka itu sudah bersama Ve sejak Ve lahir
28.  Salah satu hobby dari Ve yaitu duduk diam di teras rumah melihat langit sambil mendengarkan lagu.
29.  Ve mengaku merasa damai saat memandangi langit cerah berwarna biru.
30.  Ve tetap terlihat kalem meskipun ia sedang tertawa, terbukti Ve selalu menutup mulutnya dengan telapak tangan saat terbahak.
31.  Ve ternyata termasuk orang yg susah ngomong, dia pernah hanya terdiam saat menerima uang kembalian yang kurang setelah dia naik sebuah Taxi.
32.  Menurut Dhike, Ve adalah salah satu member yang cantik natural, dia menganggap Ve tetap cantik walaupun ketika dia tidur.
33.  Hal yang sering dilakukan Ve saat pergi ke Mall yaitu membeli tiket Bioskop, sebelum film dimulai dia biasanya ke toko buku.
34.  Menurut Ve, benda favorit yang ada di kamarnya yaitu Rak Buku, karena didalam situ banyak sekali koleksi buku sherlock holmes miliknya.
35.  Ve sangat ingin jika Haruka menjadi member JKT48 yang duluan Menikah.
36.  Saat ini Veranda sudah membaca lebih dari 50 jenis macam buku yang telah ia beli di toko buku.
37.  Ve mengaku ada beberapa judul buku yang ia lupa jika pernah membaca buku itu sebelumnya.
38.  Ve merupakan seorang bassis (pemain alat musik bass) dari JKT48 band (unit project dari JKT48).

editan foto jkt48 edit


Veranda dalam pikiranku


            Jessica Veranda, seorang member JKT48 generasi pertama. Seorang yang sampai saat ini selalu kukagumi dengan segala hal yang ia milik. Saat aku memikirkan namanya, banyak hal yang terlintas di pikiranku dan nggak dapat begitu saja untuk ku jelaskan dengan kata-kata. Ve, sebuah nama pendek yang aku nggak tahu kenapa, nama itu memiliki arti yang luas bagiku. Dalam pikiranku, Ve berarti suatu sosok mengagumkan di dunia dan hanya ada satu. Sebuah nama yang memberi nuansa keindahan dan inspirasi, sebuah nama yang begitu menggambarkan keanggunan.
            Hampir tiga tahun, sebuah penggambaran waktu yang cukup panjang dan sudah selama itu pula otakku terpenuhi dengan banyak hal tentang dia. Akhir 2011 lalu, nama JKT48 mulai muncul dan dikenal banyak orang termasuk aku, dengan debut pertamanya, Heavy Rotation. Waktu itu aku belum mengidolakan Veranda, karena yang ku kenal hanya Melody dan nabilah. Tak berselang lama aku mulai mengenal dan mengidolakan member lain yang bernama Ghaida, seorang gadis tomboy yang identik dengan hal-hal berbau jejepangan. Aku menyukainya, aku memiliki cukup banyak kekaguman terhadap Ghaida. Sambil mengidolakan Ghaida aku sedikit demi sedikit mulai mengenal dan mengidolakan member lain, salah satunya Shania.
Hingga pada awal 2013, aku memutuskan untuk oshihen (istilah dari berhenti mendukung idola) dari Ghaida karena aku merasa nggak banyak perkembangan berarti pada sosok Ghaida. Saat itulah, Shania yang masih terlihat sangat kurus membuat aku jatuh cinta. Aku kembali mengagumi sosok lain selain Ghaida dan memutuskan untuk menjadikan Shania sebagai Oshi (idola yang didukung). Cukup banyak hal yang ku kagumi dari dirinya, bisa dibilang level kecintaanku pada Shania sedikit diatas kecintaanku pada Ghaida. Lalu, bagaimana awal kisahku yang sekarang meng-oshi-kan Veranda?
3 juli 2013, tepat pada hari ulang tahunku yang ke 19, JKT48 merilis single ke dua, Yuuhi Wo Miteiruka. Awalnya aku hanya mendengar lagu itu hanya dalam versi mp3 dan aku sudah sangat menyukainya. Lagu itu terdengar easy listening dengan lirik ringan namun berarti dan irama yang membawa perasaan pada titik bangkitnya perasaan damai. Dalam benakku, aku sangat suka dengan suara vocal utamanya, terasa lembut dan kalem. Aku mulai membayangkan sosok member yang menyanyikannya adalah perempuan yang kalem, kriteria perempuan kesukaanku. Pada akhirnya rasa penasaranku semakin menjadi dan aku memutuskan untuk mencari video clip lagu itu di suatu web streaming.
“Ketemu!” Itulah yang kupikirkan saat aku berhasil menemukan Video klip dari lagu favoritku. Saat menonton video clip itu, saat itulah aku melihatnya kembali. Sosok perempuan yang sebelumnya pernah ku lihat fotonya sambil berpikir “Cantiknya. Siapa ya?” Veranda, perempuan yang menjadi center pada video clip Yuuhi wo Miteiruka. Pemilik suara yang ku kagumi kelembutannya. Saat itulah aku benar-benar terpesona padanya, jauh melebihi dua member yang sebelumnya kukagumi.
Aku berpikir banyak tentangnya, memimpikan seorang Veranda yang sampai saat ini nggak bisa lepas dari pikiranku. Banyak hal baik yang ku temui darinya. Aku selalu termotifasi hanya karena hal-hal kecil yang dia lakukan. Fanatik? Nggak, aku hanya terosbsesi dengan segala hal tentang dirinya. Bahkan semenjak mengenalnya aku nggak pernah berpikir untuk oshihen, karena menurutku dia adalah sosok sempurna dari seorang idol.
Kekagumanku membuat dia benar-benar jadi sosok inspirasi, merubah aku menjadi seseorang yang bisa melakukan banyak hal lebih dari biasanya, membuat aku terus ingin menulis namanya. Seperti saat ini, aku menulis banyak hal tentang dia meski aku akan mengakhirinya sebentar lagi, tapi aku sudah harus mengakhirinya. Ya, aku akan mengakhiri tulisanku sebentar lagi. Sebentar lagi.
Terakhir, aku minta maaf dengan kalian yang membaca postingan ini. Mungkin ini bukan hal yang berguna, dan mungkin ini lebih terkesan seperti halnya sebuah curahan perasaan. Di lain sisi, mungkin ada beberapa kata yang typo, jika ada, maaf, itu terjadi karena ini hasil ketikanku sendiri, bukan hasil copas dari blog lain. Tapi aku sangat berterima kasih karena kalian sudah membaca ini, terlebih jika kalian meninggalkan komentar untuk ku balas. Sekali lagi, terima kasih..



editan foto jkt48 edit