5 Desember 2015

Diskografi One Toples Hip Hop

 hip hop sintang

Asal              : Sintang, Kalimantan Barat
Genre            : Hip Hop & Rapp
Tahun aktif     : 2011 - Sekarang
Label             : Rian’s Record & Mr. Slow Productions
Anggota         : Ogi MC A.K.A Mr. Slow, Rian MC & Joe MC
Motto            : Rapp more than words
Situs web       : www.reverbnation.com/onetoples12

      One Toples, nama yang terdiri dari dua kata dengan bahasa yang berbeda, “One” yang berarti satu (inggris), dan “Toples” yang merupakan tempat atau wadah (indonesia), befilosofikan “Satu tempat” dimana beberapa orang dengan pemikiran yang berbeda-beda akan memulai karyanya dengan bernaung dibawah nama yang sama, yaitu One Toples.
      One Toples, grup hip hop yang terbentuk akhir tahun 2011 di kota Sintang ini mengawali karirnya dengan sebuah kontroversi dengan komunitas hip hop trooperz dan merembetkan pertikaian dengan komunitas hip hop di sekitar kota tersebut, seperti Bawel Family dan Bounce Brotha V dari komunitas hip hop Pontianak, Line Killa. Tak lama setelah perseteruan meluap, kata ‘damai’pun bisa dicapai oleh kedua pihak antara One Toples dan Trooperz, termasuk Bounce Brotha Ve. Lain hal dengan Trooperz, Bawell Family yang sebenarnya tidak memiliki sangkut paut terhadap semua perseteruan tersebutpun menyulutkan api peperangan. Tapi semua tidak berlangsung lama setelah Bawell Family tiba-tiba hilang dari tantangan yang dibuatnya sendiri terhadap One Toples.
      Terlepas dari kontroversi dan perseteruan, grup hip hop yang digawangi oleh Mr. Slow dan Rian MC ini mulai merintis beberapa karya baru seperti lagu “satu-satunya untukku” dan “kesemsem”. Seiring berjalannya waktu, One Toples membuat sebuah variasi formasi dengan merekrut Joe MC sebagai vocal Rapp yang ikut menyumbangkan aspirasinya terhadap perkembangan lagu-lagu One Toples.
      Pada pertengahan 2013, anggota one toples memutuskan untuk vakum sementara dari industri musik lokal dan tidak membuat karya berbentuk lagu selama beberapa waktu yang tidak ditentukan. Rencana vakum tersebut diputuskan karena Joe MC mulai banyak disibukkan dengan pekerjaannya selama ini, dan ingin fokus dalam keseriusannya dalam pekerjaan. Rian MC, yang baru saja lulus dari jenjang pendidikannya selama sembilan tahunpun mulai menggeluti pekerjaan di luar ruang lingkup hip hop. Sedangkan Mr. Slow, melakukan perantauan ke luar pulau untuk melanjutkan studinya setelah menyelesaikan jenjang pendidikan sembilan tahunnya. Itulah penyebab para anggota One Toples meliburkan diri dari hobi hip hop-nya tersebut.
      Pada pertengahan 2014, Mr. Slow atau yang biasa dikenal sebagai Ogi MC ini mulai menyalurkan hobinya dengan membuat sebuah lagu remake “satu-satunya untuk ku” bersama kedua temannya dari B-Stone hip hop clan, Electroiz dan MC Beat. Peluncuran lagu tersebut mungkin memicu semangat dalam hobi ber-hip hop pada teman-teman One Toples-nya. Joe MC pun tak mau kalah dengan mempublis lagu baru yang berjudul “November”. Termasuk Rian MC, yang mulai menyalurkan hobi rapp-nya dengan mengeluarkan dua lagu berturut-turut.
   

Kontroversi    : One Toples diss Trooperz, Ogi MC diss Bawell Family, diss from Bounce Brotha V
Artis terkait    : Trooperz, Bawel Family, Bounce Brotha V, B-Stone, Elecktroiz, MC Beat
Album            : -
Single             : - Rapper munafik (diss Trooperz)
                        - Bawell pamali bitch (diss Bawell)
                        - Satu-satunya untuk ku
                        - Kesemsem
                        - Meski kau jauh
                        - Senyumku yang sirna
                        - Semangat buyar
                        - Aku cinta kamu
                        - Empat El Empat Ye
                        - Satu-satunya untuk ku (cover version by Mr. Slow & B-Stone)
                        - Selamat ulang tahun wahyuni
                        - November
                        - My wife baby girl
                        - For kabut asap
                        - Prosa untuk Veranda

Credit Songs    :
                         Rapper munafik (diss Trooperz), merupakan lagu yang bertujuan untuk menyampaikan aspirasi dan ketidak setujuan Ogi MC dan Rian MC terhadap lagu milik Trooperz yang berjudulkan “apai am dirik”, lagu yang berceritakan tentang kisah perpelacuran dan anak perempuan nakal di sebuah kota sintang. “Rapper munafik” sempat memunculkan konflik di antara kedua kubu antara One Toples dan Trooperz, bahkan konflik tersebut sempat meluas ke beberapa komunitas hip hop lokal setempat. (Rapp: Ogi MC & Rian MC. Lirik: Ogi MC. :Produksi: Rian’s Record.)
                                  Bawell pamali bitch (diss Bawell), merupakan lagu diss yang berisikan tentang pembelaan terhadap seorang Ogi MC terhadap tuduhan yang di lakukan komunitas hip hop Bawel Family yang ditujukan kepada grup hip hop One Toples. (Rapp: Ogi MC. Lirik: Ogi MC. Produksi: Mr. Slow Productions.)
                                  Satu-satunya untuk ku, merupakan lagu pertama setelah dua lagu diss yang dipublis oleh One Toples. Lagu “satu-satunya untuk ku” menceritakan tentang seorang laki-laki yang begitu mencintai kekasihnya. Seiring berjalannya waktu, sepasang kekasih inipun menjalani hubungan percintaan jarak jauh. Di dalam kisahnya terdapat berbagai problem di antara keduanya, dimana laki-laki tersebut merasa kesepian dan begitu banyak menjalin hubungan dengan perempuan lain. Tapi menurut pengakuannya kepada sang kekasih, laki-laki tersebut tidak mencintai perempuan lain dan akan selalu menjadikan sang kekasih sebagai satu-satunya pendamping hidup suatu saat nanti. (Rapp: Ogi MC. Lirik: Ogi MC. Produksi: Rian’s Record.)
                                  Kesemsem, lagu yang bertemakan romance comedy ini menyuguhkan cerita cinta yang dibalut lirik menggelitik, dimana sorang laki-laki yang mencintai kekasihnya akan selalu mencintainya meskipun tidak mendapat restu dari orang tua sang kekasih. Bahkan, laki-laki tersebut berkata bahwa ia siap untuk menjadi pendamping hidup yang baik seperti yang orang tuanya inginkan. (Rapp: Ogi MC & Rian MC. Lirik: Ogi MC. Produksi: Rian’s Record.)
                                  Meski kau jauh, lagu yang menceritakan percintaan yang terpisahkan oleh jarak yang jauh. Berkisah dimana seseorang akan terus menunggu dan memimpikan untuk bisa hidup bersama kekasihnya. (Rapp: Ogi MC & Rian MC. Lirik: Ogi MC. Produksi: Rian’s Record.)
                                  Senyumku yang sirna, adalah lagu yang bebentuk sebuah pengharapan seseorang yang telah ditinggalkan kekasihnya tanpa sebab agar kembali mengisi kehidupannya seperti sedia kala. Didalam lagu ini, seseorang tersebut merasa tidak lagi memiliki senyum dan berpikir kehidupan tidak lagi seindah seperti sebelum kekasihnya pergi meninggalkannya. (Rapp: Ogi MC, Rian MC & Joe MC. Lirik: Ogi MC. Produksi: Rian’s Record.)
                                  Semangat buyar, Bagaimana jika seorang laki-laki yang sudah lama tidak memiliki seorang pacar dan tiba-tiba saja berkeinginan yang kuat untuk memiliki pacar tapi selalu merasa takut untuk mendekati seorang perempuan? Kisah seperti itulah yang di ceritakan pada lagu ini. Dengan alunan musik yang terkesan sedih membalut lirik yang menggelitik, lagu ini memiliki dua sisi tema berbeda antara komedi dan galau. Dibalik itu semua, lagu ini menyisipkan pesan untuk tidak takut mendekati sesuatu yang diinginkan. (Rapp: Rian MC feat Wahyu. Lirik: Rian MC. Produksi: Rian’s Record.)
                                  Aku cinta kamu, berisikan pujian terhadap seorang perempuan yang dicintai. Lagu ini direkam dengan gaya freestyle rapp. (Rapp: Joe MC & Ogi MC. Lirik: Joe MC & Ogi MC. Produksi: Mr. Slow Productions.)
                                  Empat El Empat Ye, yang jika ditulis dengan kombinasi huruf dan angka akan membentuk ‘4L4Y’ dan dibaca ‘alay’ adalah lagu yang berisikan lirik sindiran terhadap remaja-remaja dengan tingkah aneh yang sebenarnya diluar kewajaran. (Rapp: Ogi MC A.K.A Mr. Slow. Lirik: Ogi MC. Produksi: Mr. Slow Productions.)
                                  Satu-satunya untuk ku (cover version by Mr. Slow & B-Stone), menceritakan tentang kisah cinta yang manis, ikrar janji sepasang kekasih, dan pujian-pujian indah. Meski ini adalah cover-an dari lagu “One Toples – Satu-satunya untuk ku”, tapi lagu ini memiliki tema dan ciri khas musik yang berbeda. (Rapp: Ogi MC A.K.A Mr. Slow feat Electroiz & MC Beat(B-Stone). Lirik: Ogi MC, Elecktroiz & MC Beat. Produksi: MC Beat Productions.)
                                  Selamat ulang tahun wahyuni, adalah lagu persembahan Mr. Slow terhadap sang kekasih, Tri Wahyuni sebagai ucapan selamat ualang tahun pada september 2014 lalu. (Rapp: Ogi MC A.K.A Mr. Slow. Lirik: Ogi MC. Produksi: MC Beat Prodactions.)
                                  November, adalah lagu cinta yang berisikan pesan selamat ulang tahun dan untaian doa seorang laki-laki kepada kekasihnya di bulan november. (Rapp: Joe MC. Lirik: Ogi MC. Produksi: Mr. Slow Productions.)
                                  My wife baby girl, adalah lagu yang menceritakan seorang laki-laki yang merasa begitu bertanggung jawab dan mencintai istri serta anaknya. (Rapp: Rian MC. Lirik: Rian MC. Produksi: Rian’s Record.)
                                  For kabut asap, adalah lagu yang berisi himbauan dan rasa prihatin terhadap wabah kabut asap yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia, khususnya kalimantan barat. (Rapp: Rian MC. Lirik: Rian MC. Produksi: Rian’s Record.)
                                  Prosa untuk Veranda, merupakan lagu yang berisi pujian dan rasa terima kasih kepada seorang wanita yang bernama Veranda. Lagu ini juga menggambarkan betapa Veranda adalah sosok yang begitu berarti dalam kehidupan seseorang tersebut. Di sisi lain, terlihat jelas bahwa ada segenap perasaan cinta yang selama ini tak pernah tersampaikan, sebuah cinta yang tak mungkin berbalas. (Rapp: Ogi MC A.K.A Mr. Slow. Lirik: Ogi MC. Produksi: Mr. Slow productions.)