28 April 2014

Open Diary Part 01

Perasaan Ini

Ini tgl 29 oktober 2013.
Aku bnr2 bangun jam 11 siang. Dpt sms dari piki, langsung deh mandi lalu ke kampus. Sampai di kampus, malahan di ajak ke kost eko. Ya udah rame2 k kost eko buat ngerjain tugas osjur. Di kost eko, rame2 main kartu, yuni, eko, ade pada sibuk dgn tugas. Yg lain main kartu. Gk tau juga sih sbnrnya knapa, wktu lagi asik main, riski kok sering becandaan, akhirnya tmn2 pada ngejek riski sama anis. Aku sih ikut2 ketawa juga. Soalnya lucu juga.
Akhirnya semua pada lapar, rame2 turun cari warung. Aku, piki, riski, anis, sama ade ke warung rujak. Sayangnya yuni malah sama hafsah sama eko juga malah makan di warung lain. Alhasil, aku gk bisa liat yuni sambil makan siang. -_-
aku makan dekat ade, anak ini orgnya baik. Perhatian sama teman. Oh ya, aku makan gk habis, soalnya pedes, selain itu juga porsinya trlalu banyak. Selama makan, aku sering banget liatin yuni lagi makan sama hagsah sama eko juga.
Habis makan becanda2 sama tmn2. Akhirnya piki manggil yuni, dia ngerti kalau aku pengen liat yuni. Piki memang temen yg super. ^ ^
udah balik ke kost, aku malah tiduran di samping ade, temen2 lanjut main kartu. Akhirnya aku ketiduran. Lalu pas bangun, udah pada mau pergi ke kampus lagi akhirnya. Aku di bonceng sama hafsah. Trus sampai di kampus, ngapain ya? Aku lupa. Intinya, aku di ajak alvin, dia pengen makan. Yaudah, sekalian ngrokok. Di warung, alvin bnyk crita  tentang masa lalunya. Ternyata dia bisa juga terbuka sama aku.
Akhirnya, magrib datang, aku pulang mau cuci muka sama solat. Alvin nunggu aku di warung. Waktu keluar dari warung, aku liat yuni, ade, sama anis lagi jalan ke arah kost yuni, mau mandi mungkin. Aku cuma liat sekilas, tapi rasanya seneng banget, bisa liat yuni.
 Habis solat, aku langsung balik ke warung. Di situ alvin mau siap2 ke kampus, udah bayar makanan. Ada anggi juga. Sampai di kampus, seperti biasa deh, ketemu mata kuliah yang terbilang susah buat aku. Oh ya, ada sesekali aku noleh kearah belakang, yuni di belakang ku. Lalu dgn muka agak2 sangar dia bilang "what?".. Kayaknya dia lagi bad mood, makanya dia nanya kyk gitu waktu aku ngeliat dia.
Mata kuliah udah selesai, rencananya mau ngopi bareng, dwi mau traktir. Maklum, kemarin dia ulang tahun. Yg lain pada pakai motor, aku sama yuni jalan kaki yg akhirnya eko juga ikut jalan kaki. Aku sempat ngobrol dikit sama yuni. Tanya kenapa tumben dia gk bisa lama2 mlm ini. Dia bilang dia lgi bad mood. Tuh kan benar kata ku tadi. Lalu wktu dia bilang gitu, aku bilang sama yuni, "pantesan muka mu jelek". :) dia ngrespon dgn kepalan tangan yg ke arah kepala ku. Tapi aku yakin dia ngerti kalau aku cuma bercanda. Setelah sampai ke lesehan dpn gerbang kampus, trnyata lesehannya gk buka. Akhirnya di tunda bsk aja.
Aku pulang brdua sama yuni. Dia tanya, aku udah makan belum. Setelah berpikir keras, akhirnya aku bisa ingat, aku belum makan. Lalu yuni bilang, "makan lah.. Harus makan pokoknya".. Gimana ya rasanya, aku senang banget dia bisa bilang kayak gitu ke aku. Sayang, perjalanan dari gerbang kampus ke kost ku trlalu pendek. Aku jdi cuma punya waktu sedikit buat ngobrol brdua sama yuni. Ya sudahlah. Akhirnya aku ngucapin salam perpisahan seperti biasa, "daahh..." dan dia jwb "bye".. :)
sampai di kos aku beli makan, lalu makan. Terus.. Aku sms piki, tapi dia bls nya cuek terus. Semalam sama tadi siang juga gitu smsnya. Tiba2 aku ngrasa gk nyaman. Aku jujur aja, aku gk pngen dia kurang respect sama aku. Dia bilang dia lgi bnyk masalah. Terus, aku bilang lagi kalau dia itu tmn yg paling akrab sama aku, paling ngerti aku selama ini. Kalau aku di cuekin yuni, aku masih terima, tapi kalau aku di cuekin piki, itu rasanya gk enak banget. Akhirnya, dia bilang gk apa2. Aku yakin, setelah ini, dia bakal lebih respect sama aku. Akhirnya aku lega. Menurut ku, piki teman yang paling pengertian. Aku sama dia juga cukup terbuka, aku sering cerita tentang apa aja yg menurut ku perlu di ceritain. Dia selalu kasi solusi.

Sebagai penutup, aku pengen kasi tau, aku nulis kayak gini, biar aku ingat kejadian apa aja yg pernah ku alami. Aku gk mau kayak dulu, gk mampu ingat apa2 tentang masa lalu. Selain itu, aku juga pengen nulis novel dokumentari, tentang kejadian2 yang pernah ku alami.

--------------------------------------------------------------------------------------

Rasa Sakit Hati

Hari ini, tanggal 30 oktober 2013, tepatnya hari rabu.
Aku bangun lebih awal, nyempatin diri buat solat subuh.
Liat jadwal, hari ini kuliah jam setengah 8 pagi. Repot juga sih, tapi apa boleh buat kan?
Begitu sampai di kelas, kok sepi? Cuma ada Dyan, Herwin, Anggi sama Bagus. Lalu aku tanya, yg lain pada kemana? "lagi makan di warung dekat kost Yuni"
kok mereka tega banget, makan sama-sama tapi nggak ngajak aku, minimal sms lah, bilang lagi makan di warung rame-rame. Hufftt... Pagi-pagi udah di bikin kecewa. Nggak lama dari itu, datang deh Vicki, Anis, Ade, sama Yuni. -_-
Dosen datang, belajar asrsitektur pemrograman. Suasana kelas dingin karena AC plus udara dari luar yang dingin gara-gara habis hujan. Alhasil, aku gk konsen belajar, malah ngantuk sambil kedinginan.
Pelajaran selesai sekitar jam setengah 10. Anak-anak gak langsung pulang, tapi masih ngumpul ngerjain tugas Osjur. Aku sama Rizky turun ke FO nyariin bu Vina. Rupanya bu Vina ada di atas, terpaksa naik lagi ke lantai 2. Setelah ketemu, bu Vina nggak ngasi surat yang di janjikan tempo hari, malahan nyuruh bikin surat sendiri, biar pak Rofik yg tanda tanganin. Oalah, kok masalahnya jadi bulet. Kemarin ke HRD, di suruh minta surat pengantar ke bu Vina, terus bu Vina nyuruh bikin surat dengan tanda tangan pak Rofik, nanti klo udah jadi baru balik ke HRD lagi.
Keluar dari ruangan bu Vina langsung laporan sama Vicki. Habis itu aku sama Hamzah, sama Rizky, sama Eko ke kantin buat istirahat ngopi. Satu jam kemudian balik lagi deh ke tempat Vicki dan kawan-kawan buat ngelanjutin rundingan tentang tugas Osjur. Ya, di situ aku sama Hamzah buat surat penyataan permohonan. Udah selesai, aku sama Eko pergi ke kampus Asia 2 buat ngeprint surat sama tugas yang lain sekalian ambil flashdisk yuni yang kemarin ketinggalan. Sampai lah di kampus 2, ini pertama kalinya aku ke kampus ini. Di sini isinya anak2 manajemen sama akutansi, sebagian besar cewek. Tapi sedikit tuh yang ku liat cantik-cantik.
Setelah print tugas n ambil flashdisk, balik lagi deh ke kampus utama. Dalam perjalanan, di dekat kampus aku liat Vicki lagi nemanin Yuni makan. :( kok rasanya gk enak ya liatnya. Jadi nyesal deh ikut Eko ngprint, coba aja tadi kalau yang ikut itu Vicki, pasti yang nemanin Yuni makan itu aku, bukan Vicki. Tapi masak sih aku harus cemburu? Bukan kah Vicki itu teman yang paling ngertiin aku? Nggak mungkin kan dia sampai punya hubungan spesial sama Yuni nanti. Aku coba berfikir positif aja.
Setelah sampai di tempat ade, sama anis di lantai 2, sekitar 15 menit kemudian Yuni sama Vicki datang. Aduh.. Betek jadinya..
Terus, Eko lagi menyendiri agak jauh, Yuni datang nyamperin Eko mau mintain flashdisk. "Ko, mana flashdisknya?". Eko malah becanda kalau flashdisknya hilang. Sedangkan Yuni percaya aja, mukanya jadi sedih tapi sambil senyum masem-masem gitu. Masemnya kayak ketiak ku waktu lupa pakai deodoran.
Akhirnya Eko ngaku, flashdisknya ada. Yuni yang girang campur kesal malah mukul-mukulin Eko. :/
Enak banget mereka bisa dengan mudah dekat sama Yuni. Rasanya makin lama aku makin iri sama teman-teman yang lain.
Berselang beberapa lama, aku lupa sih Vicki mau pulang atau mau pergi solat dzuhur. Tapi yang jelas dia mulai pamit nyalamin teman satu per satu. Sampai akhirnya dia pamit sama Yuni, waktu salaman dia malah nyium tangan Yuni. T_T
Aku cemburu liatnya. Rasanya aku pengen nabrak dinding kaca lalu loncat ke lantai bawah, biar mati ketimbang harus liat hal kayak gitu. "kenapa sih Vik, kon kok tega karo aku? Kon kan ngerti perasaan ku kayak gimana. Kalau kon mau ngelakuin hal kayak gitu, tolonglah jangan di depan aku. Aku lebih pilih di bohongi n selamanya gak tau, ketimbang kon harus jujur tapi nyakitne ati"
Akhirnya cuma ada aku, Ade, Anis, Yuni, Hafzah, Rizky, Dwi sama Eko. Entah udah berapa lama kita cuma berdelapan, akhirnya waktu udah nunjukin jam setengah 2 siang. Perutku laper, aku mau cari makan dulu. Sebelum aku pergi, aku minta rokok ke Dwi. "Wi, mintak rokok Wi.." "oh, rokok.. Kebetulan aku udah berhenti ngrokok, dilarang sama dokter". Waktu Dwi lagi ngerogoh tas, Yuni ngomong "gak boleh ngerokok di sini". What the fuck, bitch!? Aku juga tau lah, jangan sok ngajarin. "Aku mau makan, aku juga tau di sini gk boleh ngrokok!". Waktu aku bilang gitu, Yuni cuma diam, gk ngebalas omongan ku. Semntara itu, Dwi ngasi sebungkus sampurana ke aku. "nih Ca, bawa aja, aku udah berhenti ngerokok, dokter marah kalau aku ngerokok, ntar sore aja mulai lagi". Baik juga nih Dwi, mentang2 baru ulang tahun 2 hari yang lalu. Sambil nerima rokok, aku ngomong ke Dwi. "Kon ke dokter bayar kan Wi" "ya iya lah" "Kon bayar dokter, kok mau-maunya dimarahain sama dokter..". Spontan, mereka pada ketawa semua. Huhu.. Rupanya aku yang jarang ngomong ini bisa juga buat mereka ketawa. Senang juga sih.
Akhirnya Eko ikut aku makan. Sampai di lantai bawah, Eko Bilang "Oalah, mau huajan iki" "memangnya kenapa kalau hujan? Kalau hujan mesti gitu, kita gak bisa makan?" "ya maksudnya ntar kita balik ke sini malah hujan-hujan".
Akhirnya sampai di warung, pesan makanan deh. Rupanya bener, belum lama sampai di warung, hujan malah turun. Habis makan, aku ngeluarin rokok sampurna yang tadi di kasi Dwi, terus di ambil sama Eko. Tiba-tiba aja di balikin lagi ke aku. "Ca, buat kamu aja rokoknya". Waktu ku periksa, rupanya isinya cuma satu. Oalah, pantesan aja Dwi ikhlas banget ngasinya, rupanya tinggal satu batang. Koplak arek iku.
Nggak banyak yang aku omongin sama Eko selama di warung. Tapi ada satu topik yang aku ingat, aku tanya sama Eko "menurutmu, diantara tiga cewek di kelas kita, siapa yang paling baik? Ade, Anis, Atau Yuni?". Beberapa saat Eko mikir lalu jawab "menurut ku, yang paling baik itu Yuni. Soalnya bla.. Bla.. Bla.." (sorry, aku lupa apa alasan Eko kenapa dia bilang Yuni yang paling baik).
Udah jam 2 lewat nih, tapi masih hujan. Akhirnya aku sama Eko nekad balik ke kampus. Sampai di kampus, nggak begitu basah-basah banget tuh. Langsung aja deh, ke lantai 2. Sampai di lantai 2, rupanya anak-anak udah pakai hem putih semua. Maklum, jam 3 nanti ospek jurusan harus pakai hem putih. Baru aja sampai, Yuni tanya. "loh, kalian nggak sekalian ganti pakaian?" "enggak." aku jawab singkat aja. Yuni malah mukanya berubah jadi masem-masem. Mungkin dia takut aku sama Eko gak sempat ganti pakaian lalu nanti kena hukum. Tapi, aku nggak tau juga sih apa alasan sebenarnya Yuni sampai kayak gitu.
Akhirnya aku sama Eko pulang deh buat ganti pakaian. Di kost, habis ganti pakaian, aku mau langsung ke kampus. Tapi waktu aku liat kearah kost Yuni, aku ngeliat Anis di luar. Aku samperin aja, sekalian nanti berangkat sama-sama. Aku yakin di kost Yuni pasti ada Ade. Sampai di kost Yuni, Anis lagi perbaiki tali sepatu, sambil bilang "laki-laki nggak boleh masuk, kamu tunggu di sini aja". "Nis, aku ini SD, SMP, SMK, udah lulus semua. Aku pasti bisa lah baca tulisan di pintu itu". Anis cuma tersenyum nanggapin kalimat ku tadi, lalu masuk ke kost lagi. Aku duduk di kursi depan. Eh, rupanya ada Andi, teman Sekelompok ku waktu Ospek kemarin, satu kelompok juga sih sama Yuni. Dia lagi ngambil STNK di sepeda motornya yang di parkir di depan kost Yuni. Alhasil, aku ngobrol-ngobrol deh sama dia sambil nunggu Yuni Cs selesai dandan. Akhirnya Ade sama Anis keluar, nggak lama dari itu Yuni keluar juga. Dia ngeliatin aku dengan tatapan dingin, seolah-olah bosan ngeliatin muka ku. Beda lagi ekspresinya waktu liat ada Andi, raut mukanya langsung berubah ceria, dengan senyum tersimpul manis. "eh, Andi.. Ngapain?" " ini, ngambil STNK.. Aku nitip sepeda ya".. Bla bla bla.. Males aku dengerin percakapan mereka. Akhirnya aku berdiri di dekat pagar kost. Andi pun berlalu pergi. Aku noleh ke belakang ngeliat mereka bertiga udah siap atau belum. Ups.. Aku nggak sengaja liat resleting yuni yang belum dikunci. Secepatnya ku palingkan muka ku, mengalihkan pengelihatan ke arah lain. "maaf Yun.. Resleting mu belum dikunci" Haa.. (Ekspreasi terkejut, suara yang keluar dari mulut Yuni, tapi bukan keluar dengan udara yang di hembuskan, tapi dengan udara yang di tarik lewat mulut. Ngerti kan maksd ku? Kalau nggak ngerti, berarti otak mu dibawah standar).
Aku nggak tau, sebenarnya ekspresi Yuni kayak gimana, perasaan dia kayak gimana. Kaget? Malu? Atau dia marah karena aku nggak sengaja ngeliatnya. Sudahlah.. Akhirnya, berempat kita jalan ke kampus. Yuni pakai jaket ungu (aku rasa itu jaket kesukaannya). Aku suka banget ngejek dia, tadi juga. "Hai, ibu-ibu hamil..." "haah? Aku di panggil ibu-ibu hamil sama Panca?". Habis ngomong gitu, dia sama Ade, sama Anis ketawa kecil. Yah, kayak gitu lah ekspresi dia waktu aku katain.
Skip demi skip, aku udah di kelas sama teman-teman, Ospek jurusan. Selama jam Ospek, Vicki duduk di samping Yuni. Yah, akhir-akhir ini Vicki selalu duduk di samping Yuni. Semakin hari pun, aku perhatikan mereka berdua makin akrab. Sampai suatu ketika, aku yang satu garis lurus dengan Vikcki sama Yuni, aku lagi berdiri, terus aku ngeliat ke arah Vicki, entah karena dia lagi ngelakuin hal yang lucu atau apa, aku juga lupa. Sedangkan Yuni, salah paham. Dia kira aku lagi ngeliat dia, padahal aku lagi ngeliat Vicki. Dengan tatapan sinis, Yuni bilang "Apa liat-liat!?". Aku cuma bisa jawab "aku liat Vicki kok". Yuni cuma diam. Sementara aku, tiba-tiba emosi dan ngerasa sakit hati. Aku kan liatin Vicki, bukan dia. Lagian kalau memang aku lagi ngeliat dia, apa salahnya? Aku punya mata, hak aku mau ngeliat apa pun yang ada di sekitarku. Aku jadi keingat kejadian malam kemarin, waktu belajar di Lab C. Dosen lagi keluar ruangan, sedangkan Alvin di sebelahku lagi asik gambar di aplikasi corel draw. Aku benar-benar teratarik memperhatikan dia. Sesekali aku noleh kebelakang buat mastikan dosen belum balik dari FO. Eh, malah nggak sengaja aku ngeliat Yuni yang ada di belakang ku. Tatapan ku dan tatapan dia bertemu. Tiba-tiba raut muka Yuni berubah kayak nggak senang, lalu bilang "what!?" dia nggak suka kalau aku ngeliat dia. Apa sih yang salah dari aku? Kenapa aku didiskriminasi? Eko, Vicky, sama yang lainnya bisa enjoy dekat sama dia, sedangkan aku, liat dia aja udah di marah pakai tatapan sesinis itu. Dunia memang sering terasa nggak adil buat ku. Seiring berjalannya waktu, selama di kelas aku benar-benar bad mood. Mana Vicki sama Yuni makin akrab lagi, tuh. Pas pulangnya juga, mereka jalan bersebelahan tangan kanan Vicki di pundak yuni. Nggak lama aku jalan nyusul di samping kiri Vicki, Rizki di sebelah kanan yuni. Lalu, tangan kiri Vicki ke pundak kiri ku, sambil ngomong apa, aku juga lupa. Yang jelas aku marah karena itu. Apa yang di ucapin Vicki itu sekitar seolah-olah ngejodohin aku sama Yuni. Entah kenapa, kali ini aku nggak suka di jodohin atau di ejek sama teman-teman seolah-olah aku pacar Yuni. Sampai di depan  parkiran kampus, Yuni, Ade, sama Vicki langsung ke basecamp SK. Sedangkan aku lagi sama Dwi, Rizky, Eko sama teman-teman yang lain ngerokok di depan kampus. Nggak lama dari itu, aku pamit pulang. Begitu aku keluar dari lingkungan kampus, aku liat di belakang ku sekitar 1 meter, ada yuni. Yah, jadi seperti biasa, aku pulang berdua sama dia. Nggak lama dia manggil aku. "hey you..". Aku cuma diam aja, nggak nyhaut. Lalu dia manggil lagi. "hey, Panca.. Tunggu.." Aku cuma noleh ke arah dia, lalu tetap lanjut jalan. "Lima..." dia coba manggil aku lagi yang ke 3 kalinya. Akhirnya, aku berhenti nunggu dia. "besok, ingat. Jam 9 udah harus ada di kampus, kita lanjutin tugas Osjur besok". Dia berjalan di depan aku, sementara aku ngikutin langkah kaki dia dari belakang. "ingat ya, jangan bangun siang lagi" dia ngelanjutin kalimatnya tadi. "iya.. Iya!! Aku kemarin-kemarin bangun telat kan gara-gara aku nggak tau kalau harus ngumpul pagi-pagi.. Jangan nyalahin gitulah!!!". Untuk ke sekian kalinya, dia cuma diam nanggepin omongan ku. Entah apa yang kupikirkan, nggak biasanya aku ngomong kasar gini ke dia. Biasanya aku selalu ngomong dengan kata-kata yang lebih bertujuan untuk bikin dia ngerasa nyaman. Tapi nggak malam ini, aku terlalu banyak nyimpan emosi dari tadi pagi. Terlalu banyak perasaan nggak enak yang aku terima hari ini.
Akhirnya, aku dan dia berpisah tanpa kalimat perpisahan seperti biasa. Bye, daah, atau pun good night.. Semua berlalu dalam keadaan yang nggak baik.
Tapi sejujurnya, aku menyesal udah bersikap kayak gini. Aku benar-benar menyesal udah ngeluarin kata-kata kasar yang seharusnya nggak pernah ku lontar kan ke dia, meski pun sikapnya ke aku itu cukup menyakitkan hati.
Aku janji, besok kalau ada kesempatan yang bagus. Aku bakal minta maaf. Aku janji.

----------------------------------------------------------------

Potongan Fortune Cookies

Terbangun dari mimpi indah..
Ya, aku baru saja bangun dari mimpi bersama Yuni. Dalam mimpi itu, aku ngelakuin banyak hal sama dia. Dia terasa begitu akrab dan selalu senang saat ada di dekatku. Yah, aku tau itu hanya mimpi. Dan mimpi indah dalam hidup ku, itu berarti kebalikan dari kenyataan yang ada. Aku terbangun di pagi hari ini, tanggal 30 oktober, tepatnya hari kamis. Nggak ada jam kuliah pagi sih, tapi pagi ini aku ada janji sama teman-teman buat datang ke kampus lebih awal.
Aku beranjak bangun dan meninggalkan bayangan-bayangan tentang mimpi indah tadi. Setelah mandi, aku langsung mengenakan kemeja hitam panjang dan celan jeans hitam. Terduduk aku sendiri di atas tempat tidur, ku lirik sekilas jam di hp ku, udah jam 7 lewat. Huftt.. Dengan segelas kopi dan sebatang rokok, ku nikmati pagi hari ini. Dari hp terlantun lagu kesukaan ku, Fortune Cookie. Lagu yang mampu mewakili perasaan ku padanya. "meski pun diri ini menyukai mu, kau seperti tak tertarik kepada ku... Fortune cookie berbentuk hati, nasib lebih baiklah dari hari ini". Yah, aku begitu menyimpan rasa suka dan penuh harap padanya. Tapi entahlah, dia seperti tak pernah memperhatikan ku. Aku hanya berharap hari-hari yang ku lewati bersama dia dan teman-teman yang lainnya akan semakin lebih baik. Aku berharap akan ada lebih banyak peluang lagi untuk berada di dekatnya. Hingga dia mengerti tentang perasaan ku selama ini padanya.
Tiba-tiba, suara musik dari hp berhenti dan berganti dengan nada dering sms. Ada pesan dari Vicky. "Wes tangi a?". Dia menanyakan apa aku sudah siap atau belum, dan akhirnya aku secepatnya menyusul dia yang sudah ada di kampus. Sesampainya di kampus, Vicky, Ade, Anis sama Yuni udah siap dengan laptopnya masing-masing, mereka ngerjain tugas sambil buka fb. Aku salamin mereka satu per satu. Yang terakhir, aku salamin tangan Yuni. Seperti biasa, aku cuma menyentuhkan ujung jari ku saja. Nggak tau juga sih apa alasan ku seperti itu, hanya sedikit menggenggam jemarinya. Dan seperti biasa, dia selalu tersenyum karena itu. :)
Nggak lama dari itu, aku pergi ke FO buat nanyain keberadaan pak Rofiq, aku mau minta kejelasan tentang surat pengantar yang ku buat. Setelah ketemu pak Rofiq, katanya surat yang ku buat masih salah. Akhirnya dengan sedikit kecewa aku harus buat ulang suratnya.
Skip skip skip.. Akhirnya udah jam setengah 12. Aku udah siap dengan surat yang baru. Aku ditemani Eko pergi nemui pak Rofiq di kantin depan kampus. Ternyata masih salah juga surat yang ku buat. Akhirnya aku balik ke basecamp dengan muka yang lesu banget, di situ aku di bantu sama Hafsah memperbaiki surat yang salah. Udah selesai, akhirnya Vicky sama Yuni yang pergi ngeprint suratnya. Selama mereka pergi, Hafsah ngajakin aku buat solat di musola. Akhirnya rame-rame deh solatnya, teman-teman yang lain pada ikut.
Habis solat, teman-teman pada hangout dari basecamp, karena ada kelas jam setengah 1. Sedangkan aku, putusin buat nggak masuk kelas karena aku merasa bertanggung jawab atas tugas yang aku punya. Aku harus temui pak Rofiq nanti jam 1 di ruangannya. Tapi, sebelum teman-teman masuk ke kelas, Hafsah sempat bilang "semangat Ca".. :) dia memang teman yang baik, selalu kasih suport buat aku. Dia nggak mau kalau ada teman yang sampai nge-down cuma gara-gara ada masalah. Dia juga selalu bantu cari solusi setiap aku ceritain masalah ku. Aku jadi ingat, waktu pertama ngumpul bareng di kantin, dia pernah ngasi motifasi ke teman-teman, kalau kita ini harus semangat ngejalanin kuliah. Kalau orang tua masih mampu ngebiayai, kita harus fokus kuliah. Kalau kita harus kerja sambil kuliah, kita harus tetap semangat, harus pandai ngatur waktu.
Akhirnya, teman-teman masuk ke kelas dan aku langsung menuju ruangan pak Rofiq. Ini ketiga kalinya hari ini aku temui pak Rofiq, tapi masih aja tetap ada yang salah dengan surat yang ku buat. Setelah di perbaiki, aku langsung print lalu balik lagi ke tempat pak Rofiq. Akhirnya, thanks God.. Surat ku bisa di tanda tangani. Dengan hati senang, aku langsung menuju ruang HRD. Dengan surat yang ku pegang, aku mau ngambil data buat tugas ospek jurusan. Tapi apa daya, tulang ku terasa lemah, semangat dan keceriaan yang baru saja ku dapat tiba-tiba sirna. Gimana enggak? Ruang HRD di kunci n nggak ada staf yang biasanya ada di situ. Ku putuskan turun ke FO buat nanyain keberadaan staf HRD. Rupanya Staf HRD lagi ikut rapat dan nggak tau kapan selesai rapatnya. Oh my God.. Gimana jadinya kalau tugas datanya baru ku dapat jam tiga nanti. Apa aku sempat edit dan minta valisai? Kalau nggak sempat gimana? Aku benar-benar takut. Aku takut ngecewain teman-teman. Kalau tugas ku nggak kelar, itu artinya tugas teman-teman nggak bisa di terima. Mana deadline-nya jam 4 sore ini. -_-
Akhirnya, aku putuskan buat tenangin diri dulu, sambil ngisi perut yang udah dari tadi terasa panas karena isinya cuma asap rokok. Di warung setelah pesan makanan, aku sms Vicky sama Hafsah, laporan masalah yang aku hadapi. Nggak ada balasan dari Hafsah, mungkin dia lagi sibuk belajar. Sedangkan Vicky nyuruh aku masuk ke kelas. Tapi aku nolak karena ku pikir lebih baik aku nunggu kedatangan staf HRD di depan ruangannya. Tapi Vicky tetap maksa, dia nggak mau aku sampai aku nggak ikut kelas, setidaknya nongolin muka, lalu nanti minta izin keluar. Baiklah, aku turuti, habis makan aku langsung menuju ke kelas. Rupanya dosennya lagi keluar. Lama lagi, tuh, dosennya keluar. Akhirnya aku putuskan aku keluar kelas dan duduk di depan ruangan HRD, yang sebenarnya di depan ruang India, kelas yang tadi ku masuki. Udah jam 3, kelas udah selesai tapi staf HRD pun belum datang juga. Sambil nunggu, kadang aku ke kelas, di kelas masih ada Ade, Yuni, Anis, Rizky, Vicky, sama Hafsah, mereka masih ngerjain tugas yang belum selesai. Oh iya, ada obrolan antara Vicky sama Hafsah. Rupanya Hafsah lagi naksir sama teman Vicky yang lagi ada jam kuliah di ruangan Indonesia, tepat di depan ruangan India. Vicky ngenalin Hafsah sama cewek itu. Di situ, aku salut sama Vicky, mukanya tetap keliatan ceria. Walau pun sebenarnya cewek yang di kenalin itu cewek yang Vicky taksir. Sempat, waktu tadi aku lagi berdiri di pintu kelas, Vicky kirim sms ke aku yang isinya "Cinta itu, harus bisa merelakan orang yang dicintai kepada orang lain". Vicky memang teman yang hebat.
Hufft... Balik lagi ke masalah menunggu, akhirnya datang juga tuh, Staf HRD. Akhirnya aku bisa dapetin data yang ku perlukan. Secepatnya aku edit, pakai laptopnya Yuni. Ow, tidak.. Belum selesai tugas ku salin, rupanya udah jam 4, udah pada batas deadline. Tapi aku juga nggak tau alasannya apa, teman-teman mutusin buat ngumpulin tugasnya besok. Oh, God.. Engkau selalu menyertaiku. Akhirnya tugas ku kelar juga. Tapi, ada kejadian yang menurutku nggak masuk akal, tapi terjadi juga. Waktu aku minum pulpy , Yuni minta pulpy ku. Why? Mungkin dia haus dan lagi nggak punya permen seperti biasanya. Aku nggak nyangka, dia bisa minta sama aku. Senangnya aku, hal seperti ini bisa terjadi. Simpel sih, kejadiannya. Tapi teramat sangat ngefek di hati ku. Memang selalu saja ada fortune coockie datang di hari-hari ku. :)
meski pun ini hanya potongan kue kecil, tapi aku sangat bersyukur aku bisa memilikinya dalam hidupku. Aku yakin, potongan-potongan kecil seperti ini, suatu saat akan terkumpul menjadi cookie yang sangat besar, fortune cookie berbentuk hati. Dan tanpa tersadar, fortune cookie ini telah menghadirkan perhatiannya kepada ku, suatu saat nanti. ^_^

-----------------------------------------------------------------------------------

Menyebalkan

Mungkin, hari ini nggak banyak hal yang bisa ku ceritain. Ya, ini sudah tanggal 01 november.
Pagi ini, aku bangun jam 7. Suara alaram berhasil membangunkan ku. Entah kenapa, kali ini walau pun udah nggak ngantuk, tapi tetap aja aku malas untuk beranjak bangun. Padahal biasanya langsung capcus ke kamar mandi. Aku habiskan waktu dengan ngerokok dan dengarin beberapa musik kesayangan. Akhirnya aku beranjak mandi dan berangkat kuliah sama-sama Herwin.
Di kampus sambil nunggu dosen, aku ngobrol-ngobrol sama dwi. Ada Hermanto juga sih di dekat aku. Anak itu lucu. Rambutnya panjang banget. Maklum, seniman. Gambarnya juga bagus. Di lain hal, aku ngerasa ada yang kurang, tapi apa? Akhirnya aku sadar, Yuni nggak ada. Kemana dia? Akhirnya, tanpa di minta, Anggi kasih tau aku "Ca, pacar mu nggak masuk. Dia masuk rumah sakit semalam". Ya Allah, kenapa anak itu? "Rumah sakit? sakit apa dia Nggi?" "Sakit magh, tapi semalam ada yang ngantarin dia pizza. Kamu ya yang ngantar?" "bukan, bukan aku. Lagian kamu tau dari siapa?" "Ade yang cerita sama aku" akhirnya Anggi pergi dan berlalu. Magh nya kambuh pasti gara-gara kemarin telat makan. Kasian banget dia.
Waktu di kelas, aku duduk di kursi paling belakang, di sebelahnya Hermanto. Tepat di depan ku, ada Dwi sama Alvin. Pagi ini giliran Ade sama Anis yang persentasi. Dosennya malah keluar, nggak ngawasin. Jadinya, ruang kelas jadi ribut. Tapi tetap sih, persentasi berjalan lancar. Kelas selesai. Teman-teman lain pada pulang. Sisa Aku, Rizky, Hafsah, Dwi, Eko, Anggi, Anis, sama Ade masih di FO ngurusin validasi tugas. Nggak lama, datang Vicky sama Yuni. Kayaknya Yuni udah baikan, n baru aja dijemput sama Vicky. Syukur deh. Aku sama Ecko sempat tanya-tanya sama Yuni, tentang masalahnya semalam. Setelah itu, rame-rame pergi ke lantai atas, tempat kemarin.
Nggak seperti biasa, aku nggk mood mau ngobrol sama mereka, mngkin karena kemarin sore aku terlalu banyak nyimpan rasa kesal sama teman-teman. Kemarin sore pun aku nggak jadi minta maaf sama Yuni gara-gara aku di panggil sama Anggi dan bagus. Padahal udah susah payah aku ngumpulkan keberanian buat ngomong. Ah, ternyata ada yang ganggu. Bahkan, tadi aku menyendiri, duduk misah dengarin musik pakai headset. Buka fb, liat postingan di grup. Ada foto teman-teman yang di upld Vicky. Aku komen "kok foto ku nggak ada?" lalu Yuni balas komentar ku "yang sabar ya Panca..". Wah tumben banget, dia yang pertama nanggapin aku sekalian aja ku gombalin "aku akan selalu sabar kok, selama kamu ada di samping ku. Ahiyaks.. o_o". Rupanya, berani juga aku balas komentarnya kayak gitu. Lalu, sendirian aku turun ke lantai bawah. Aku ngerokok dan update banyak sekali status di fb. Salah satunya, Vicky ada komen "kon galau?" nggak ada ku balas, lalu aku naik lagi ke atas. Sampai di situ, Vicky tanya sama aku, "galau kenapa, kon?" aku hanya diam, nggak ngejawab apa-apa. Tiba-tiba yuni teringat dengan sms ku semalam. "eh iya, Panca.. Kamu mau ngomong apa semalam?". "ah, jangan sekaranglah Yun, nggak enak kalau nggak face to face". Hufftt... Dia bertanya di saat yang nggak tepat. Nggak mungkin aku minta maaf sama dia di depan teman-teman. Nanti malah jadi bahan gosip. Ku pikir, nanti aja. Deh, tunggu jam kuliah sore.
Akhirnya, udah jam 11, harus pulang biar bisa solat. Waktu di luar, Vicky tanya "kon opo'o diem terus? Cerita wae sekarang. Mumpung ra enk konco-konco.". "tuh, ada dua konco" aku menunjuk ke arah rizky sama Hafsah yang berjalan di belakang Vicky. "Ya uadah, nanti sms wae yo". Aku cuma diam dan nggak nanggapin apa yang dia bilang.
Pulang solat jumat, aku baring-baring di kamar. Lalu ada sms dari Vicky "nggak ada yang mau car info tentang tugasnya ya?" ha? Maksudnya apa ya?  Aku lansung aja ganti pakaian, niatnya mau langsung ke kampus. Mungkin aja Vicky perlu bantuan atau apa. Tapi waktu aku sms nanyain dia di mana. Dia malah jawab "di kampus". Ya ampun, bukannya aku udah pernah bilang sebelumnya, kalau aku tanya di mana, berarti aku perlu jawaban detil, biar aku nggak susah nyari mereka di mana. Lalu waktu aku tanya, sebenarnya tugas apa yang di maksud, dia malah jawab "T". Ya ampun, menyebalkan sekali. Aku sms Ade pun, jawbannya nggak jauh beda. Sumpah, kesal banget aku sama mereka. Akhirnya, ku urngkan niat baik mau berangkat ke kampus. Setelah update status "teman-teman kok kayak gitu?" aku langsung tidur. Kebetulan aku capek banget akhir-akhir ini.
Wow, jam 4 sudah, aku bangun. Dan waktu aku buka fb, ada komen dari Yuni di status ku, komen yang di tulis sekitar 2 jam yang lalu. "kamu kenapa Panca? Aku di kampus kok". Aku nggak balas komentarnya. Gimana ya, aku terharu. Di saat teman-teman nggak perduli sama aku, dialah satu-satunya teman yang masih punya perhatian buat aku. :'(

Aku semakin menyadari, walau pun dia cuek, tapi dia orangnya baik. Semoga, dia bakal selalu bersikap baik sama aku.

---------------------------------------------------------------------------------------------

Keajaiban Yang Tak Terduga

Ow, Selamat pagi.. Selamat tanggal 2 november. Terbangun dengan mimpi buruk. Ya, ini adalah hal yang ku inginkan, aku suka kalau harus mimpi buruk, (asal nggak terlalu buruk, sih) soalnya aku percaya dalam hidupku, kalau mimpi itu berbanding terbalik dengan dunia nyata. Seandainya kalau semalam aku mimpi indah, berarti hari ini aku bakal banyak temui kejadian-kejadian nggak menyenangkan. Sedangkan kalau mimpi buruk, itu menandakan perasaan ku bakal lebih banyak bahagianya hari ini.
Sejujurnya, aku ngerasa sangat berat buat bangun pagi ini, soalnya smalam susah tidur gara-gara ada tikus mondar-mandir di dekat aku, dia selalu datang setiap lampu kamar ku matikan. Tapi kalau di hidupkan malah akunya susah tidur. Mana aku ada janji sama Ade jam 7 pagi, lagi tuh.
Akhirnya aku paksain mandi dalam keadaan ngantuk, jam setengah 8 aku udah selesai mandi. Di kampus udah ada Ade, Anis sama Yuni. Biasa.. Ku salamin semua, giliran Yuni, pakai ujung jari aja salamannya. Dia senyum sambil bilang "hu.. Sok alim.." :D haha... Ade juga sempat tanya "kamu habis potong rambut atau habis keramas?". Wow, padahal tadi aku cuma menata rambut agak lebih rapi (biasanya habis mandi nggak ku tanta, jadi berantakkan) tapi kok kayaknya perubahan rambutku terasa banget ya?
Beberapa jam pertama sih, aku cuma duduk nyantai aja, nggak ngapa-ngapain. Liatin mereka ngerjain tugas sambil buka fb. Sesekali aku memperhatikan Yuni. Dia cantik banget pagi ini. :) Lebih cantik dari yang kemarin, kemarin mukanya pucat lesu gara-gara sakit. Sekarang udah lebih fresh, tuh. You know that, seperti apa pun keadaannya, dia selalu terasa indah di mataku.
Akhirnya, Hafsah datang sama si Sulaiman (Eko, maksud ku. Sulaiman itu ama baru buat Eko, penemunya si Rizky. Ditemukan di jalan menuju kantin waktu aku, Hafsah sama rizky mau istirahat ngopi). Dan waktu mereka datang, aku mulai ngerjain tugas. Banyak banget tu nyatatnya. Sampai capek banget. Oh iya, waktu lagi sibuk nyatat, Yuni sempat tanya "eh, Panca. Kamu mau ngomong apa kemarin?" "oh itu.. Kamu inget hari rabu, malam-malam kita pulang osjur?" "iya, inget.." "kamu waktu itu ada manggil aku sampai 3 kali, tapi aku nggak nyahut" "ha? Manggil gimana?" "pokoknya, kamu manggil aku, tapi aku nggak hiraukan kamu. Terus, kamu ada bilang 'besok jangan lupa jam 9. Awas telat' ingatkan? Lalu aku jawab 'iya, iya.. Aku tau.. Aku biasanya telat juga karena aku nggak tau. Jangan nyalahin gitu lah.' Kamu ingat?". Yuni cuma diam aja, aku rasa dia nggak ingat kejadian itu. "intinya, aku ngerasa bersalah udah nyuekin kamu. Aku juga ngerasa kata-kata ku kasar. Mungkin kamu nggak ngambil hati dengan kejadian itu. Tapi aku tetap mau minta maaf. Mau kan, maafin aku?". Oh my God, gerogi aku ngucapin kalimat seserius itu ke dia. "ah, nggak mau, aku nggak mau maafin kamu" dia jawab kayak gitu. Tapi aku yakin sih, dia cuma becanda gara-gara bingung harus ngerespon gimana. Jadi, sekalian aja ku becandain. "kok gitu? Kamu udah nggak sayang lagi ya, sama aku?" haha... Hampir gagap aku ngeluarin kalimat kayak gitu.
Ah, tapi syukurlah, beban ku udah berkurang. Aku udah minta maaf sama dia. :)
aku baru tau kalau Vicky lagi di Blitar. Pantesan aja nggak keliatan. Padahal biasanya dia kan paling awal masuknya. Lumayan sepi sih kalau nggak ada dia. Rizky juga, entah kemana. Dia nggak masuk.
Akhirnya, tugas catat mencatat belum selesai, tapi udah jam setengah 12. Udah mau masuk. Dari pada nanti kelaparan, aku sama Alvin pergi makan. Lalu ganti baju, and go to class room. Di kelas di kasi kesempatan buat nyelsain tugas yang belum selesai sampai jam setengah 3. Begitu setengah 3, kita istirahat dan teman-teman pada langsung cau nyari kabel sama papan buat praktek nanti. Huwh... Sebel, waktu semua udah menghilang, aku nyamperin Hafsah, Alvin sama Eko yang udah duduk di motor. "jadi kalian kemana? Aku ngapain?" "kamu di kampus aja, bantu doa semoga dapet bahannya. Nanti kalau masuk, sms ya?" Hafsah bilang kayak gitu. Lalu mereka berangakat. :) aku di tinggal sendiri. Tapi ya nggak apa lah. Mereka memang lagi nggak bisa bawa aku. Seandainya Vicky masuk, pasti aku di ajak. Memang susah kalau dia nggak ada, aku nggak ada yang perhatiin.
Akhirnya, aku nggak sendiri lagi, Anggi datang. Langsung deh naik ke lantai 2, siap-siap. Kan bentar lagi masuk. Wah, teman-teman belum datang. Cuma aku sama Anggi aja nih. Lalu, Yuni sms aku "kamu udah di kampus?" "iya. Udah di kampus. Kamu masih lama?" "ini udah mau ke kampus". Nggak lama kemudian, dia datang. Entah kenapa keadaan hari ini rasanya lebih akrab sama Yuni. Entah kenapa juga aku berani buat lebih dekat sama dia. Bahkan, aku berani nyuruh dia duduk di samping ku. :) Senang banget bisa duduk di samping dia sedekat ini. Bisa ngobrol sama dia dengan jarak yang lebih dekat. Bahkan, pembicaraan kali ini pun sangat-sangat tidak kaku.
Tapi, semenjak teman-teman pada datang, keadaan jadi berubah. Jefri duduk di sebelah Yuni. Suka godain yuni lagi tuh. :( pengen ku bunuh rasanya orang itu. Arrrghh!!!! Aku cemburu....!!!!
Huh... :/ betek deh..
Eh, siapa tuh? Vicky datang? Waah.. Padahal tadi pagi masih di Blitar. Sekarang kok sempat-sempatnya dia masuk kuliah. Waktu salaman sama dia, aku sadar, ada yang nggak beres. Dia lagi galau mikirin sesuatu. Pasti dia punya masalah. Baru kali ini aku liat mukanya sesuram itu. Semoga aja dia baik-baik aja.
Akhirnya masuk, dan ada praktek belajar menyolder yang baik. Berjam jam rasanya cepat berlalu karena asyiknya. Selain karena asyik mainin solder, rasanya juga senang bisa dekat sama Yuni lagi. Selama praktek, aku banyak banget interaksi sama dia. Tapi, sebanyak-banyaknya aku ngobrol sama Yuni, Yuni pasti lebih banyak lagi ngobrol sama Vicky. Bahkan mereka nyolder sama-sama.
Oh, iya. Waktu udah mau habis. Vicky tanya aku, udah selesai belum. Waktu liat kerjaan ku terbengkalai, dia ambil kerjaan ku. Lalu dia yang ngerjain. Dia memang baik. Benar kan? Kalau ada dia, pasti ada yang perhatian sama aku. :)
Akhirnya, pulang juga. Yuni nggak langsung pulang, dia mau beli makanan dulu. Jadi, aku nggak bisa pulang bareng dia deh. Mau ikut dia, tapi aku lagi nggak punya uang. Laperr... Tapi, dia sempat tanya sama aku. "kamu udah makan, Panca?" "aku belum makan.". "lho, kamu nggak sekalian ikut?" "nggak ah, Yun. Aku pulang aja. Daahh.. Yuni.." "Daahh.."
Dia masih punya respect buat aku. Bahagia rasanya waktu dia jawab salam perpisahan dariku. Uwh.. Besok hari minggu. Jangan-jangan aku nggak ketemu dia besok. Pasti rasanya kangen sama dia.. Semoga aja ada kesempatan buat ketemu dia besok. Aku nggak betah sehari pun nggak ketemu dia. :/

Soalnya, aku sayang sama dia..

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Minggu

Hah, ini pertama kalinya aku buat catatan ku di hari minggu, tanggal 03 november 2013.
Hari ini mungkin nggak banyak cerita tentang kehidupan aku di luar kamar. Jadi, cerita apa aja? Baca aja terus, kalau mau tau.
Bangun sekitar jam 8 pagi. Tapi masih malas bangun, jadi tidur lagi sampai jam 9. Apa yang ku lakukan? Aku bikin kopi, ngrokok, hidupkan musik, smsan sama Yuni (Yuni pacar ku, bukan Yuni sabrina). Wow, enak sekali bisa malas-malasan kayak gini setelah 6 hari kemarin sibuk di kampus.
Saking malasnya, aku ketiduran lagi, bangunnya jam 11. Nggak sempat pamit aku sama Yuni. Waktu bangun, ada dua sms dan satu panggilan tak terjawab dari Yuni. Aku smsin aja, bilang kalau aku ketiduran. Lama banget dia balas. Begitu balas cuma satu kata. "Aok". Huh, mulai marah lagi anak ini. Baru kayak gitu aja udah marah. Ya udah, malas aku, nggk ku balas aja sekalian.
Beberapa jam kemudian, dia sms, nanyain Deby itu tmn aku kah? Aku jawab Deby teman ku waktu SMP dulu. Nggk percaya dia, aku malah di bilang bohong. Dia bilang dia tanya sama Angga, kata Angga nggk ada teman SMP ku yang namanya Deby. Emangnya teman yang ku kenal harus kenal Angga juga? Kalau nggak kenal angga bukan teman ku gitu? Parahnya lagi, aku di bilang bohong gara-gara pernah bilang Deby itu cowok. Sumpah, aku emosi banget di tuduh bohong, sementara aku nggak pernah bilang kayak gitu. Udah bodoh, ngotot benar lagi tuh. Akhirnya, nggak mikir banyak, aku putusin dia. Aku benar-benar udah nggak tahan dengan semua kelakuan dia selama ini. Selalu marah-marah, nuduh aku sembarangan, curigaan, nggak percaya sama aku, nganggap aku selalu salah, kalau di salahin selalu marah, mudah minta putus, akhirnya minta balikan lagi, dan kali ini dia marah-marah, nuduh aku, nganggap aku pembohong, dan dia nggak percaya sama aku. Di sini lah letak dari puncak emosi ku. Aku nggak bakal bisa lagi mempertahankan hubungan kayak gini, hubungan yang berjalan penuh kerusakkan.
Aku tau, dan aku sadar. Suatu saat aku bakal nyesal udah ngambil keputusan ini. Tapi, apa gunanya juga kan, terus menerus menuntun hubungan yang nggak pernah bisa berjalan baik.
Aku memang masih sangat sayang dengan dia, tapi dengan segala kerusakkan ini membuat aku ingin berjalan ke arah mimpi yang lain. Mimpi yang di mana nggak ada dia. Mimpi yang pemerannya hanya aku dan perempuan lain, bukan dia.

Sampai besok pun, aku masih dilema memikirkan dia, hubungan dua tahun itu bukan hal singkat. Banyak hal indah terukir selama aku menjalin hubungan itu. Dan sekarang, aku terpaksa harus menghapus kenangan-kenangan itu satu persatu. Taki ingin berharap untuk kembali. Tapi, aku apa pun yang terjadi, aku masih ingin kembali.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Alur Yang Lain

Senin malam, 04 november 2013.
Malam ini terasa sepi, dilema berkecamuk di hati. Perasaan ini semakin kelam saat aku mendapat kabar kalau Vicky tadi siang ngajakin Sabrina jalan.
Sungguh, emosi di dalam hati ku semakin beraduk dengan dilema berakhirnya hubungan ku kemarin.
Rasa marah yang mengebu-gebu tak beraturan, menyita segenap pikiranku.
Tapi aku tersadar, aku nggak boleh seperti ini. Aku harus benar-benar pastikan kebenaran berita itu. Aku putuskan untuk sms Vicky.
"Piki..
"Ono opo?"
"Tadi siang km kemana piki? Sama siapa?" tanya ku lagi.
"Aku tdi siang ngopi, trus tadi sore di kost yuni, dia ngopi filmku"
"Dan ada kabar lain piki, aku nggak tau tentang kebenarannya. Makanya aku cari tau langsung sama kamu. Biar nggak salah paham, dan aku harap km nggak marah. Katanya km jalan sama dia sekitar siang atau sore tadi."
"Iya cuma di kost yuni aku dari siang smpe sore,gak marah emang napa?" huh, dia bertanya balik padaku.
"You know what..? Kabar tadi sangat-sangat mengganggu pikiran ku. Tapi syukurlah nggak sepenuhnya benar. Aku masih bisa percaya kamu. Aku harap, dia nggak jatuh cinta sama kamu. Dan aku lihat kalian terlalu dekat akhir-akhir ini."
"Ya bisa di bilang begitu sih,bro. Tapi memang bener bro kabar itu"
ha? Aku bingung dengan maksudnya.. "Tolong, jangan buat aku bingung. Tadi kamu bilang, kamu cuma di kost dia. Lalu skarang kamu membenarkan kabar yang ku dapat."
"Kan emang bener aku di kostan yuni tadi, gimana sih?"
"Terus kenapa barusan bilang 'ya memang benar bro kabar itu'. Itukan artinya kamu menganggap benar kabar yang bilang kamu jalan sama dia"
"Ya bisa jadi" dia mulai balas sms ku dengan kalimat pendek. -_-
Akhirnya, hp ku yang sedang di charger ku tinggal untuk beli pulsa. Begitu aku lihat lagi, udah ada dua sms dari Vicky.
"Ada apa sob?". "Sebenernya ada apa masbro bilang'o"
Lalu, dengan waktu lumayan lama, aku balas "Aku nggak tau, dan mungkin aku nggak pernah tau tntang apa yang kamu pikirkan tentang Sabrina, tentang aku. Apa aku teman mu, atau sekedar teman kampus. Aku nggak tau.
Dan yang aku tau, bukan hak aku buat ngatur kalian berdua. Tapi, aku mohon pik, kamu teman yang benar-benar ku anggap. Aku nggak mau kalian terlalu dekat, aku takut nanti malah terjadi sesuatu yang nggak ku inginkan. Km pasti ngerti perasaan ku ke Sabrina itu kayak gimana. Dia itu satu-satunya harapanku saat ini. Aku nggak pengen kamu terlalu dekat sama dia smpai-sampai ngelakuin hal yang nggak aku suka kayak kemarin-kemarin. Berapa kali kamu salaman dengan dia dan selalu letakkan tangannya di dekat pipi mu? Berapa kali kamu gandeng tangan dia waktu kalian jalan? Itu buat aku cmburu, Pik. Aku nggk bisa ngelakuin hal yang kamu lakuin ke dia.
Satu hal yang aku plajari slama ini, di antara kita, kamulah yang paling bnyk peluang buat bisa lebih dekat sama dia. Sementara aku, aku baru aja mau mulai mendekatkan diri ke dia. Jadi tolong Pik, aku mohon, kasih aku kesempatan. Jgn buat dia suka sama km." aku terlalu jujur ternyata. Dan inilah kalimat yang udah hampir seminggu yang lalu pengen aku sampaikan secara langsung. Terpaksa aku harus menyampaikannya lewat sms.
"I'm confuse"
"Kenpa? Kamu suka dia?" aku bingung dengan apa yang dia bingungkan.
"Aku bingung baca smsmu -_- terlalu panjang banget" klimat yang sangat to do point, ya?
"Inilah knapa aku nggak pernah mau crita lewat sms. Ini yg kmarin-kemarin pngen ku ceritain ke kamu. Tapi nggak pernah ada waktu yangg benar-benar pas. Kita selalu sibuk di antara tman-teman yg lain"
"Mau kmu apa?"
"Mau ku, jangan terlalu dekat sama Sabrina. Kasih aku kesempatan buat ngambil hati dia."
"Sok atuh"
"Oke mamen... Tengkyu peri muce... Km udah mulai tau kan? untuk masalah ini aku memang egois dan cenderung jadi paranoit. Tapi, km nggak benci atau kesal sama aku kan?". Ya, sebenarnya aku juga takut, karena pembahasan ini hubungan ku jadi nggak baik sama Vicky, dimana aku memang menganggap dia teman baikku. Maka dari itu, aku menanyakan apakah dia kesal dengan aku atau nggak. Tapi tahukah? Balasan sms dari dia selanjutnya sangat membuatku terkejut, dan aku berharap dia hanya bercanda.
"Okey, kalau gitu besok atau lusa, Yuni minta kamu face to face bicarain tentang perasaanmu. Soalnya baru aku telfon dia". Ya tuhan, seriuskah dia dengan apa yang dia katakan?
"Oh my God... Vicky... Apa yang kamu lakukan? Aku belum siap. Nggak secepat ini. Aku belum genggam hatinya. Dia pasti nggak bisa nerima perasaan ku.." Detak jantung ku berdetak kencang saat ini. Ini situasi yang sangat mengerikkan.
"Langsung aja deh, bsk lusa kalau kamu nggak tatap muka sama dia, masalah ini clear.
Okey, done?"
"Tunggu, tunggu.. Baiklah. Aku ikut alur permainan mu. Tapi, aku pengen tau cara kamu ngomong sama dia tadi gimana?" aku mencoba setuju untuk berada di dalam permainan yang dia buat, dimana aku sebenarnya terpaksa. Seharusnya aku masih dalam jalur permainan ku. Mengatur strategi untuk memenangkan hati Sabrina secara perlahan.
"Itu rahasia. Aku udah telfon, pembicaraan singkat dan sekarang done"
"Kamu curang Pik... But, i say thanks, for you... Kamu udah maksa aku keluar dari jalur permainanku sendiri. Dan aku takut aku bakalan kalah dalam permainan ini. Karena kmungkinan terbesar, aku bukan siapa-siapa di hati dia. Tapi, tetap aja terima kasih banget... Dan kalau kamu mau tidur, met malam. This problem, is done..."
"Done" sms balasan yang terakhir dari Vicky.
Ini sangat mengejutkan, bahkan aku masih belum sepenuhnya percaya dengan semua ini. Aku harus memotong durasi permainan ku. Apakah aku bisa menang? Sejauh ini, aku belum dapat banyak respect dari Sabrina. Bagaimana jadinya kalau Sabrina benar-benar nggak punya sedikit pun perasaan untukku? Mungkin aku akan kecewa dengan keadaan ini? Mampukah aku tetap tegar saat kenyataan nggak berpihak padaku? Atau mungkin ini jalan yang menuntunku kearah mimpiku saat pertama kali aku menginjakkan kaki di kampus Asia? Ya, kembali ke masa lalu, sekitar dua atau tiga bulan lalu, dimana saat itu sedang berlangsung AMT calon mahasiswa baru periode ke empat. Di situ aku terduduk menunggu test dimulai. Satu-persatu calon mahasiswa baru berdatangan. Semuanya terlihat biasa-biasa saja, tak ada yang begitu berbeda dari mereka. Hingga akhirnya, datang seorang perempuan berkerudung putih masuk kedalam ruangan. Mata ku tak lepas memandangnya. Ada yang begitu menarik dari sosoknya. Bukan, bukan sekedar parasnya yang memukau. Tapi aku pun nggak tau apa sebenarnya yang ku maksud. Mungkin hanya hatiku yang mampu menjawbnya. Dia seperti mahadewi yang menghapus sepiku dengan cahayanya. Hari demi hari berlalu, dan bulan demi bulan pun berganti. Aku terus melihat dan memperhatikannya. Dan suatu ketika, aku melihatnya menangis, saat itulah aku berjanji pada diriku sendiri untuk bisa membahagiakannya, dan menjadi penjaga hatinya.
Hingga akhirnya di saat ini, dimana aku telah jatuh cinta padanya begitu dalam, dan harus mengakhiri permainan ini secepatnya.

Aku berharap, permainan ini bisa berakhir dengan indah. Berganti dengan kisah hidup berdamping dengannya. Melalui hari-hari dengan senyum di wajahnya. Menjadi cahaya mata ku, penuntun langkah ku di hari selanjutnya.

--------------------------------------------------------------------------------------

Satu SMS Kehancuran

Tanggal 6, aku bangun seperti biasa dan secepatnya menuju kampus karena udah janjian sama Sabrina mau ngerjain tugas fisika. Waktu berangkat, aku sama-sama Anis yang kebetulan habis dari warung beli air mineral. Sampai di lantai dua, Sabrina cuma sendiri lagi asyik dengan laptopnya. Ternyata ada hal nggak terduga, wifi di kampus nggak bisa dipakai. Jadi nggak bisa cari bahan buat ngerjain tugas fisika.
Selang beberapa lama, dwi yang satu kelompok dengan ku juga datang. Semenjak itu Sabrina jadi bad mood, mungkin karena tugas fisikanya nggak bisa di kerjain. Kalau gini ceritanya, gimana dong aku mau ngomongin face to face sama sabrina, bisa jadi bencana kalau aku ngomonginyya waktu dia lagi bad mood.
Akhirnya, aku sama Dwi putuskan buat cari warnet aja. Ternyata warnet terdekat malah nggak bisa juga. Ya udah, aku sms Sabrina, ngelapor keadaan di warnet kayak gimana.
Lalu, apa lagi ya? Emm.. Kalau nggak salah, bertiga sama Eko berdiri di depan kantin, ngobrol-ngobrol, dan akhirnya jadi berempat karena Vicky ikut gambung. Aku nggak nyangka, kedatangan Vicky bukan hanya menambah keriuhan obrolan, tapi juga sebagai awal dari kegalauan.
"Ikut aku sebentar" kata Vicky. "Mau kemana?" eko malah balik tanya. "Bukan, Panca aja maksud aku". Akhirnya aku aku sama Vicky jalan ke arah kampus dan berhenti di dekat parkiran. "Panca, Yuni bilang, jangan kejar-kejar dia lagi, dia udah punya pacar". Aku hampir nggak percaya dengan apa yang ku dengar. Ini kalimat yang susah di terima sama nalar ku. "Se.. Serius kamu Vick? Kamu serius?". "Nih, kamu baca sms dari dia tadi" Vicky sambil menyodorkan hpnya. (Vicky, kamu bilang sama Panca jangan kejar-kejar aku lagi. Aku udah punya pacar. Aku malas ngomong sama dia).

Ya Allah.. Kenapa kenapa bisa kayak gini. Kemarin-kemarin dia nyuruh aku ngomong langsung ke dia, sedangkan sekarang dia tiba-tiba nggak mau ngomong sama aku? Apa salah aku sama dia, ya Allah? Bahkan aku kalah sebelum perang dimulai.

-------------------------------------------------------------------------------------------------

*Special Edition - In Class Room

Lagi duduk di kelas, di samping aku ada Anggi. Tapi dia cuma diam aja tuh, asikan main game. Mau ikut ngobrol sama Herwin, Bagus sama Dian rasanya gk enak, ada sabrina di situ. Mau ke tmpat Vicky, Rizky, Ade sama Anis juga sama, di sebelah Vicky ada sabrina. Udah tiga hari ini hubungan ku sama sabrina nggak baik. Dia marah sama aku kemarin-kemarin gara-gara aku bangun telat waktu janjian sama dia.
Mau sih ikut Vicky di depan dan pastinya jauh dari Sabrina, tapi liat aja tuh, Rizky lagi asik dekat sama Anis. Kalau terus di belakang gini, palingan aku cuma bisa liat Anggi main game, atau liat Hafsah belajar kalkulus. Bocenin ngett..
Eko mana? Lagi asik di jendela tuh. Ngapain ya? Mungkin dia lagi ngitungin jembut yang berterbangan di langit. Dwi mana Dwi? Nggak keliatan. Mungkin dia lagi ke bawah, asik mungutin jembut yang berjatuhan dari langit..

Sblum nulis ini, aku ngerasa bosen. Tapi sekarang, waktu tulisan ini hampir selesai, aku udah ngerasa baikan.

-----------------------------------------------------------------------------------------------

Face To Face

On november 08th.
Semalam janjian sama Vicky datang ke kampus jam 08.30 tapi aku malah bangun jam 06.30. Bukan karena terlalu semangat, tapi memang aku nggak mau lagi kecewain teman karena bangun telat. Cukupalah aku diomelin sama Sabrina karena bangun telat waktu janjian mau ngerjain tugas fisika.
Tepatnya jam setengah sembilan pagi ini aku berangkat ke kampus. Ketemu sama Vicky di depan mushola. Selain Vicky ada juga Rizky, Anggi, sama Sabrina. Semuanya ku salamin, kecuali Sabrina. Aku memang belum teguran sih, sama dia.
Udah duduk sekitar sepuluh menit Sabrina ngajakin ke kelas, Rizky sama Anggi ikut Sabrina, sementara aku masih duduk di tempat yang sama, masih nungguin Vicky ngajakin ngomong.
Tik... Tik... Tik... Suara jarum jam berbunyi (gaya mu rek, pakai jam tangan aja nggak) akhirnya Vicky mulai ngebahas apa yang pengen dia sampaikan.
"Sebenarnya, Yuni nggak punya masalah karo kon. Dia cuma nggak suka kalo kon berangkat ke kampus telat." Vicky berhenti sejenak, dan aku cuma diam memperhatikan dia yang lagi ngomong serius. "Coba liat Dwi, dia udah bantu translate. Kon nggak ngerjain apa-apa kan?" "Iya, aku nggak ada ngerjain apa-apa." "nah, intinya Yuni nggak marah sama kon. Sekarang kon pergi ke kelas. Bersikap biasa-biasa aja, anggap nggak ada masalah." Sambil mengiyakan, aku berdiri dan mulai beranjak pergi. "Ingat, kuliah ya kuliah. Pacaran ya pacaran." itu kalimat terakhir sebelum aku ninggalin Vicky tadi pagi. Sejujurnya, aku nggak ngerti juga sih apa yang dia maksud dengan kalimat itu.
Sampai di kelas, aku duduk di belakanggerombolan anak SK, tapi di kanan kiri ku nggak ada siapa-siapa. Akhirnya Anggi mundur ke belakang dan nemanin aku. Ini pertama kalinya aku banyak ngobrol sama Anggi. Dia lumayan asyiklah, orangnya. Dia juga selalu menghargai aku setiap aku ngomong.
Jam pelajaran udah lewat satu jam tapi dosen ternyata nggak masuk. Satu persatu mahasiswa dari jurusan TI ninggalin kelas. Suasana semakin bebas karena cuma tinggal anak SK doang. Bahkan di jendela Eko bisa ngrokok.
Dan ternyata, eksekusi ku tadi pagi belum selesai. Vicky sama Sabrina keluar kelas, lalu Vicky manggil Dwi, dan aku juga di panggil di ajak keluar. Di luar, Vicky sama Dwi berdiri, sedangkan Sabrina duduk di kursi. Waktu aku datang, Sabrina nyuruh aku duduk di samping dia. Sepertinya ada hal penting yang mau diomongin. Waah... Ngerusak suasana hati, Dwi malah duduk di antara aku sama Sabrina. Memang koplak anak ini, mbot..
"Panca, sebenarnya aku nggak ada masalah sama kamu. Aku nggak marah sama kamu." Aku cuma diam waktu Sabrina bilang gitu, belum sempat aku ngomong apa-apa, dia udah lanjut lagi. "Aku cuma nggak suka kamu datang telat. Kemarin aku minta datang jam delapan, kamu malah bangun jam sembilan sementara tugas kita masih belum di kerjakan." "Ya, aku tau aku salah, dan aku belum ngerjain apa-apa." "jadi, kamu maunya ngerjain apa?" "Ya apa pun yang bisa ku kerjakan, pasti aku kerjakan." "Aku udah cari bahan, Dwi udah bantu translate. Kalo kamu yang ngeprint, kamu mau? Biar kita enak belajarnya waktu nanti kita persentasi." "Mau kalau ngprint." "Sip deh, kalau udah selesai nanti kamu yang ngeprint." Tiba-tiba teman-teman pada keluar dari kelas dan ribut-ribut di area dimana aku lagi serius ngobrol sama Sabrina. Akhirnya terganggu dan Sabrina ngambil tas. Yo wes, semuanya turun ke bawah, aku kirain langsung pada mau pulang. Rupanya mereka yang di depan belok ke arah tangga perpus. Aku yang nggak tau apa-apa sih ikut aja. Dan anehnya, semuanya nggak ke tangga perpus, malahan duduk di teras, kecuali Aku, Vicky, Dwi, sama Sabrina. Sabrina duduk di kursi dan aku duduk di tangga dekat dia. Berselang beberapa lama.
"Aku nggak punya masalah sama kamu, aku biasa aja selama ini" Sabrina mulai topik pembicaraan. Sementara Vicky lagi di tempat teman-teman yang lain, minta tolong biar nggak gangguin aku sama Sabrina. "Tapi kamu nggak pernah negur aku habis kamu marah-marah sama aku." "Aku nggak marah, Panca... Aku cuma nggak mau kamu datang telat. Liatlah Dwi, habis aku marahin dia langsung ngerjain tugasnya" "Aku juga bangun telat langsung telpon kamu, kamu marah-marah dan nyuruh aku datangnya jam dua belas aja. Ya intinya, aku tau aku salah, aku minta maaf." "kalau aku maafin kamu, gimana?" "kalau kamu maafin aku, besok-besok aku nggak bakal telat lagi" jawabku mencoba meyakinkan. "Kalau aku nggak maafin kamu?" "aku tetap berusaha berubah dan nggak ngulanginya lagi. Jadi kamu mau kan maafin aku?" aku berdiri dan menyodorkan tangan kanan ku. sabrina menyambutnya "iya, aku maafin. Besok-besok jangan telat lagi."
keadaan hening sejenak, security ku udah makin nggak ketat ngejaga area danger. Anis sama Ade di biarin lewat dan mereka duduk di tangga, di belakang ku.
"Masih ada lagi, Panca?" "Masih, aku masih belum terima masalah yang kemarin itu. Kamu nggak ngasi aku kesempatan buat ngomong" "Lho, aku nunggu kamu dua hari, tapi kamu nggak ada ngomong." "Dua hari gimana? Waktu itu ya, aku mau ngomong sama kamu, tapi kamu lagi bad mood. Jdi ku tunda sampai siang. Belum aku ngomong, kamu udah sms Vicky."
"Ya itu aku lagi malas ngomong sama kamu. Tapi benar, setelah itu aku nggak ada maksud nggak negur kamu."
Entah kenapa, otakku blank seketika. Bingung harus ngomong apa lagi.

"Aku juga minta maaf, Panca. Selama ini aku udah nyuekin kamu." "Ya, asalkan setelah ini kamu nggak gitu lagi, it's okay, nggak masalah buat aku." "Terus, sejak kapan kamu suka aku? Atau sejak pertama ujian dulu?" "Iya, dari pertama kita AMT dku memang udah suka sama kamu." "lalu, kenapa kamu suka sama aku? Bukan kerna nama aku dengan pacar mu sama kan?" "Bukan, bukan sama sekali." "Syukur deh. Kamu sama dia beneran udah putus?" aku mengangguk mengiyakan. "Kok bisa putus? Udah berapa lama sih pacarannya?" "Udah dua tahun pacaran, putusnya karena alasan internal juga. Terlalu banyak masalah" "kamu sayang sama dia?" "namanya pacaran pasti sayanglah." "Berarti kamu egois, kamu sayang sama dia tapi kamu malah suka sama aku." "Aku tau, Vicky juga pernah bilang kayak gini. Tapi hubungan aku udah lama nggak bagus sama dia. Aku udah lama nggak betah, pengen putusin dia tapi nggak tega. Sebelum aku tinggal di malang pun hubungan aku udah nggak harmonis, itu buat aku ngerasa kesepian, makanya aku bisa suka sama kamu." "Ya, oke.. Tapi maaf Panca, aku udah punya pacar. Kemarin aku udah bilang kan, ke Vicky? Lagian aku nggak pernah punya niat buat pacaran sama teman sekelas." "Ya, aku tau kok, Sab. Dari awal aku udah tau kalau kamu nggak punya perasaan lebih sama aku. Aku juga nggak pernah punya niat penuh untuk pacaran sama kamu. Aku cuma pengen bisa dekat sama kamu." "Lalu Panca, kenapa kamu ngelarang Vicky dekat sama aku?" "Aku nggak pernah ngelarang Vicky, aku cuma minta dia kasi kesempatan ke aku biar bisa dekat sama kamu.


To be continued